Gus Ipul Mundur dari Ketua KONI Jatim

Syaifullah Yusuf
Sumber :
  • Tuji Martudji/VIVAnews

VIVAnews - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, akhirnya mundur dari jabatannya sebagai ketua KONI Jatim. Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu memutuskan untuk non aktif sampai ada ketentuan tertulis dari KONI Pusat.

Keputusan ini disampaikan Gus Ipul saat menghadiri pembubaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim, Jumat, 29 Juli 2011. Gus Ipul mengaku kalau langkah ini terpaksa diambil agar suasana kembali kondusif.

"Agar semua kondusif, saya menyatakan diri non aktif sampai ada
ketentuan tertulis dari Rita Subowo (Ketua KONI Pusat)," katanya.

Sebelumnya, Gus Ipul sempat disindir oleh Gubernur Jatim, Soekarwo, karena tak kunjung mundur dari jabatannya sebagai ketua KONI Jatim.

Adzan Berkumandang di Jalur Gaza, Warga Palestina Rayakan Lebaran Diwarnai Bom dan Rumah Runtuh

Soekarwo menilai langkah Gus Ipul telah bertentangan dengan sejumlah regulasi seperti Surat Edaran No 800/2398/SJ tanggal 28 Juni 2011 terkait Larangan Rangkap Jabatan Pengurus KONI dengan Jabatan Struktural dan Politik, UU No. 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), serta Peraturan Pemerintah No 16/2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Meski demikian, Gus Ipul menilai surat edaran Mendagri masih abu-abu. Karena itu pihaknya akan mendiskusikannya lagi dengan Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo, gubernur Jatim, juga dengan wakil-wakilnya, seperti La Nyalla Mahmud Mattalitti, Erlangga Satriagung, dan Dhimam Abror.

"Beliau (Rita Subowo) akan konsultasi dengan Mendagri dan pihak terkait. Tolong ditunggu nanti, hasilnya akan dikirim," ujar Gus Ipul.

Sementara itu, posisi ketua umum KONI Jatim untuk sementara dijabat oleh salah seorang wakil ketua umum, Erlangga Satriagung. Gus Ipul juga meminta agar yang telah dilakukannya diikuti pengurus-pengurus KONI di daerah. (art)

Laporan: Tuji Martuji l Surabaya

Sempat Dilarang Nabi, Bagaimana Hukum Ziarah Kubur di Hari Lebaran? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat
Ilustrasi jaringan internet.

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk berbagi foto Lebaran tanpa harus bergantung pada koneksi internet. Bagi pengguna iPhone, ada fitur Airdrop.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024