Jelang SEA Games, Persiapan Atlet Disorot

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • Vivanews/Marco

VIVAnews - Pelaksanaan SEA Games XXVI tinggal hitungan pekan. Para atlet diharapkan sudah melakukan persiapan agar mencapai hasil yang maksimal.

"Para atlet juga harus berlatih dengan semangat nasionalisme yang tinggi, untuk mencetak prestasi terbaik mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional. Sudah saatnya atlet sekarang harus lebih giat lagi mencetak prestasi terbaiknya," kata Hadi Wihardja, SekJen Ikatan Atlet Nasional Indonesia (IANI).

Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan SEA Games XXVI 2011. Perhelatan olahraga ini dilaksanakan selama 12 hari, yaitu mulai dari 11 - 22 November 2011 di Palembang dan Jakarta. Kejuaran ini akan menjadi ajang unjuk gigi bangsa Indonesia untuk menunjukkan eksistensitasnya di dunia internasional.
 
Persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari, baik sarana dan prasarana serta pembinaan fisik dan mental atlet. Sejak terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah SEA Games XXVI 2011, pemerintah berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi standar Internasional. Para atlet pun telah disiapkan jauh-jauh hari –baik fisik maupun mental- untuk bertanding. Ini semua dilakukan demi harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.
 
"Apa lagi dengan sudah adanya pihak swasta yang akan memberi perhatian untuk mantan atlet, seperti Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI), hendaknya keberadaan YOI ini bisa lebih memacu semangat atlet sekarang untuk lebih berprestasi, dan tidak terlalu kuatir dengan masa depannya," ujar Hadi.
 
Sedangkan Richard Sanbera, mantan perenang nasional, mengatakan, seharusnya setiap cabang olahraga juga mempersiapkan pendidikan formal untuk para atlet. Sebab, selama dalam pelatihan, atlet juga sudah mengorbankan waktu pendidikannya demi membela nama Indonesia.

"Contoh saja seperti Singapura, ada sekolah untuk para atlet, dan mereka sebenarnya mencontoh konsep dari Indonesia dengan sekolah atlet Ragunan, hanya saja pelaksanaan di Indonesia kurang konsisten," jelas Richard.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar
Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

PP Perbasi mengapresiasi tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024