Obor SEA Games Berkeliling Makassar

Syahrul Yasin Limpo (kiri) menerima obor Sea Games dari Arif Taufan Samsudin
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - Api Obor SEA Games 2011 menyambangi Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 31 Oktober 2011. Makassar menjadi salah satu rute yang dilalui Obor Sea Games setelah sebelumnya mampir di Papua, NTT, Pulau Komodo, Yogyakarta dan Semarang.

Obor SEA Games tiba di Bandara Hasanuddin sekitar pukul 08:00 Wita, ditandai dengan prosesi serah terima dari Duta Obor Papua, Meli Mofu, kepada Duta Obor Makassar, Arif Taufan. Mantan karateka ini kemudian membawa api abadi tersebut ke Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.

Dari monumen Mandala, obor kemudian dibawa berlari oleh Arief Taufan didampingi sekitar 20 atlet lainnya ke rumah jabatan Gubernur Sulsel. Di belakang rombongan atlet yang berlari, tampak juga Modo-Modi, maskot SEA Games yang berada di atas mobil.

Obor tersebut kemudian diterima langsung oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, dan diabadikan disebuah wajan besar yang disimpan di halaman rumah jabatan gubernur.

Menurut Syahrul Yasin Limpo, dijadikannya Sulsel sebagai salah satu provinsi persinggahan api SEA Games, merupakan sebuah kebanggaan. Makanya itu, Sulsel berjanji akan mendukung para atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2011.

"Sulsel akan mendukung sepenuhnya seluruh atlet-atlet Indonesia untuk jadi pemenang. Indonesia harus bisa," kata Syahrul.

Rencananya, api SEA games akan diarak keliling kota Makassar sore ini juga. Arak-arakan ini akan dimulai sekitar pukul 16:00 Wita dimulai dari kediaman gubernur dan finish di kantor KONI Sulsel.

Menurut Kabiro Humas Pemprov Sulsel, Agus Sumantri, sejumlah jalan akan dilalui dalam arak-arakan api SEA Games. Antara lain,  Yakni Jenderal Sudirman, Monginsidi, Haji Bau, Pasar Ikan, Riburane, Ahmad Yani, Bulusaraung, Masjid Raya, Urip Sumoharjo, AP Pettarani, Sungai Saddang, Sungai Saddang Baru lalu berakhir di Jalan Sultan Hasanuddin.

Setelah itu, api SEA Games akan diterbangkan ke Balikpapan untuk perjalanan selanjutnya. Selain Balikpapan, api ini akan singgah di Samarinda, Jakarta dan terakhir di Palembang, sebagai kota yang akan menggelar acara pembukaan SEA Games tanggal 16 November mendatang.

Laporan: RHA | Makassar

Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23
Daud Kim

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Upaya YouTuber Korea Selatan dan mantan bintang K-pop Daud Kim untuk membangun masjid di Incheon menghadapi perlawanan dari warga setempat dan tuduhan penipuan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024