Keamanan SEA Games: Ketat Tapi Ramah

Peluncuran Logo Sea Games XXVI
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Seminggu dari sekarang Indonesia akan jadi tuan rumah SEA Games XXVI. Dua kota terpilih sebagai penyelenggara yakni Jakarta dan Palembang. Diperkirakan akan ada 6000 ribu atlet yang berpartisipasi, belum termasuk ofisial dan pendukung tiap negara.

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Banyaknya tamu negara ini membuat pengamanan diperketat. Namun, bukan dengan artian mereka akan berada dalam suasana mencekam penuh kedisipilinan.

"Masalah prosedur kemanan SEA Games sudah ditetapkan oleh Polri, kalau tamu-tama VVIP (very very important person) akan ditangani Paspampres. Kita akan mengamankannya dengan ketat tetapi ramah," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng pada VIVAnews, Kamis, 3 November 2011.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Koordinasi keamanan juga sudah dikomunikasikan dengan Kapolri, Panglima TNI, dan aparat Pemda kedua provinsi penyelenggara. Termasuk juga melibatkan aparat Pemda Jawa-Barat."Karena ada beberapa cabang yang digelar di Jawa Barat. Seperti cabor dayung di Danau Cipule, Karawang, atau Anggar di Depok," tambah Menpora lagi.

Antisipasi Macet Jakarta

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Masalah lain yang dihadapi SEA Games 2011 adalah kemacetan lalu lintas. Seperti diketahui ada beberapa jalur Ibukota yang tersendat karena pembangunan gorong-gorong. Termasuk di daerah Sudirman yang dekat dengan Gelora Bung Karno sebagai salah satu venue.

"Ada mekanisme yang harus dilakukan untuk meminimalisir dampaknya (pembangunan gorong-gorong) terhadap lalu lintas. Dengan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Kepolisian, semoga semua bisa lancar," ujar Menpora.

Selain macet, SEA Games tahun ini juga dibayangi pembangunan venue yang belum juga selesai. Jika pun sudah, peralatan pertandingan belum memenuhi syarat atau sama sekali belum ada.

SEA Games XXVI akan digelar mulai 11-22 November 2011. Jakarta rencananya akan menggelar 266 even dari 23 cabang olahraga. Sedangkan Palembang sebagai Ibukota Sumatera Selatan akan jadi ruan tumah dari 296 even dari 21 cabang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya