Pengibaran Bendera SEA Games Butuh 2 Hari

Parade bendera SEA Games
Sumber :
  • FOTO ANTARA/FENY

VIVAnews - Dalam rangka menyambut pembukaan SEA Games XXVI 2011, DKI Jakarta selaku salah satu kota penyelenggara mengadakan upacara pengibaran bendera negara-negara ASEAN di halaman Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pengibaran ke-11 bendera diadakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada Rabu, 9 November dan Kamis, 10 November 2011.

Pengibaran bendera ini diikuti oleh perwakilan 11 negara ASEAN yaitu Filipina, Vietnam, Singapura, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Myanmar, Indonesia, Laos dan Kamboja. Pengibaran bendera peserta ini dijadwalkan rampung dalam dua hari.

Upacara pengibaran bendera dibuka oleh Deputi Gubernur Bidang Transportasi, Industri dan Perdagangan, Sutanto Soehodho. Pengibaran bendera hari pertama yaitu Rabu 9 Oktober 2011, diikuti oleh enam negara.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pengibaran bendera dimulai dari urutan negara dimana Filipina mendapatkan giliran pertama pada pukul 10.00 WIB. Diikuti oleh Vietnam pukul 10.30 WIB. Berlanjut ke Singapura pukul 11.00 WIB, kemudian Timor Leste pada pukul 11.30 WIB.

Setelah bendera empat negara tadi dikibarkan, acara akan diselingi dengan waktu istirahat selama 3 jam dan dilanjutkan kembali serta dibuka kembali oleh Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Sukesti Martono. Berikutnya, bendera Brunei Darussalam dikibarkan pada pukul 14.50 WIB, dilanjutkan dengan Thailand pada pukul 15.30 WIB. Bendera terakhir yang dikibarkan dalam upacara hari ini yakni Malaysia pada pukul 16.10 WIB.

"Dengan pengibaran ini, menandakan bahwa Jakarta siap sebagai tuan rumah," ujar Deputi III, Inasoc DKI Jakarta bidang fasilitas dan dukungan, Taufik Yudhi, usai upacara pengibaran di halaman kantor Balaikota DKI Jakarta.

"Dengan demikian sah sudah mereka masuk dalam perhelatan SEA Games. Ini mendai awal pelaksanaan SEA Games, sekalipun sebagian dari mereka sudah ada yang hadir sebelum hari ini. Namun, keabsahannya dinyatakan hari ini," tambahnya.

Kemudian, untuk hari kedua, Kamis 10 November 2011, upacara pengibaran bendera dibuka oleh Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Achmad Harjadi. Pengibaran akan dimulai dengan bendera Myanmar pada pukul 10.40 WIB. Kemudian berturut-turut Indonesia, Laos dan terakhir Kamboja.

Dalam upacara ini juga dilakukan pertukaran cinderamata antarnegara peserta SEA Games. Dari Indonesia, Wayang Betawi jadi cinderamata yang diberikan. (one)

Legenda Timnas Indonesia di acara hut pssi

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

PSSI menggelar acara Hari Ulang Tahun ke-94, kegiatan berlangsung secara sederhana di Jakarta, Jumat 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024