SEA Games 2011

Raih Emas, Flenty Pensiun dari Karate

Flenty Enoch, peraih emas cabang karate
Sumber :
  • VIVAnews - Ali Usman

VIVAnews - Peraih medali emas cabang olahraga karate, kategori individual kata, Flenty Enoch mengatakan bakal pensiun dari karate usai perhelatan SEA Games XXVI. Menurut dia, medali yang diraihnya saat ini merupakan jawaban atas kepercayaan yang diberikan Pengurus Besar Forki kepadanya.

Jelang Putusan Sengketa Pilpres, Timnas Amin Ragukan Independensi Hakim MK

Flenty yang kini menginjak usia 37 tahun, sebetulnya tidak diikutkan sejak awal dalam kontingen karate yang disiapkan untuk SEA Games. Usianya yang dinilai tidak muda lagi membuat Flenty harus tiga kali gagal seleksi menembus pelatnas.

Beruntung, prestasinya yang terus mengkilat di beberapa kejuaraan terbuka sebelum SEA Games digelar, kemudian membuat PB Forki tak bisa lagi menolaknya masuk skuad SEA Games. Flenty pun jadi pengecualian, masuk pelatnas meski usianya tidak lagi muda seperti yang diharapkan PB Forki.

Bergabung selama delapan bulan pelatnas, Flenty akhirnya membayar tuntas kepercayaan tersebut dengan torehan medali emas. Bagi perempuan yang baru kali ini mencicipi adrenalin SEA Games tersebut, ia bersyukur dapat mengawali debut manis sekaligus mengakhiri karier karatenya dengan mengukir emas di SEA Games XXVI.

"Saya bersyukur bisa merasakan SEA Games dan meraih emas. Ini rahasia Tuhan. Ia yang membawa langkah saya selama ini. Sebelumnya saya gagal tembus pelatnas selama tiga kali. Baru kali ini tembus, dan langsung meraih emas. Setelah ini, saya kira akan mengakhiri karier. Saya beruntung dapat menutup karier dengan manis," ujar Flenty usai menyabet emas, Sabtu 12 November 2011.

Sebagai peraih emas SEA Games yang dijanjikan bonus hingga Rp400 juta, Flenty yang mengaku tampil lepas saat mengandaskan atlet Vietnam tersebut mengatakan bakal mempergunakan uang tersebut untuk mengajak ibunya ziarah ke Jerusalem. Selain sebagai ungkapan syukur, ia mengaku ingin membahagiakan ibunya yang ingin berangkat ke kota suci tersebut.

"Saya sudah nazar, kalau mendapatkan bonus akan saya ajak mami, juga kakak saya ke Jerusalem. Saya juga mendedikasikan medali emas yang saya dapat untuk mami tercinta. Soal masa depan saya seperti apa setelah pensiun, semua saya pasrahkan pada Tuhan. Biarkan Dia yang menuntun langkah saya," ungkap Flenty.

Flenty Enoch menjadi salah satu penyumbang emas bagi Indonesia dari cabang olahraga karate. Flenty merebut emas kategori Kata Perorangan Putri, setelah di partai puncak berhasil mengalahkan karateka asal Vietnam, Dho Thi Thu Ha dengan skor telak 5-0. (art)

Ilustrasi penangkapan terduga teroris

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

BNPT memiliki peran penting selaku leading sector penanggulangan terorisme untuk mensukseskan event internasional tersebut guna menjaga citra Indonesia di mata dunia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024