RI Berpeluang Tuan Rumah Asian Games 2019

Pembukaan Asian Games XVI
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Setelah sukses menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Indonesia kini membidik menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Sejaun ini, persiapan sudah dilakukan dan menunggu persetujuan dari pemerintah.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Ketua Umum KONI/KOI, Rita Subowo menegaskan, peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah multi-event negara-negara Asia tersebut sangatlah besar. Pasalnya untuk penentuan tuan rumah Asian Games 2019 tidak melalui bidding.

Sebab, ada pergeseran dari tahun genap ke tahun ganjil, maka Rita menegaskan Olympic Council of Asia (OCA) memiliki hak untuk menunjuk langsung tuan rumah Asian Games 2019. Dan Indonesia berpeluang besar untuk ditunjuk oleh OCA.

"Indonesia tidak bidding, tapi ditunjuk nantinya. Kalau memang bersedia, nanti ditunjuk. Karena perpindahan dari tahun genap ke tahun ganjil, OCA yang memiliki kewenangan terhadap Asian Games, bisa menunjuk suatu negara untuk menjadi tuan rumah tanpa melakukan bidding. Kalau melakukan bidding itu mahal," ujar Rita dalam malam apresiasi bersama Inasoc di Jakarta.

Rita menilai Indonesia mampu menjadi tuan rumah Asian Games. Tinggal bagaimana pemerintah Indonesia menyetujui dan bersedia jika nantinya ditunjuk langsung oleh OCA.

"Kalau di suatu kota yang sudah punya sejumlah fasilitas dan tinggal menambah beberapa, mungkin bisa. Palembang misalnya. Tapi penyelenggaraan harus di satu kota. Jadi semuanya kembali ke pemerintah, kalau ditunjuk OCA nantinya," pungkas Rita.

Banyak pekerjaan rumah harus dikerjakan Indonesia jika ingin menjadi tuan rumah Asian Games. Selain masalah dana, infrastuktur dan keamanan menjadi faktor penting untuk menggelar Asian Games.

Pengumuman tuan rumah Asian Games 2019 sendiri akan dilakukan OCA pada Maret 2012.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024