Muhammad Ali Ulang Tahun

Joe Frazier dalam kenangan
Sumber :
  • REUTERS/ Fred Prouser

VIVAnews - Muhammad Ali hari ini berulang tahun. "The Greatest" yang lahir pada 17 Januari 1942 itu sekarang genap berusia 70 tahun.

Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay, Jr di Louisville, Kentucky. Pada usia 18 tahun ia sudah menjadi juara Olimpiade dengan memenangi medali emas di Roma tahun 1960.

Di tinju amatir, Cassius Marcellus Clay, Jr main 105 kali. 100 di antaranya berhasil ia menangi.

Usai Olimpiade Roma, ia memulai karir profesionalnya. Di debutnya pada bulan Oktober 1960, ia menang angka atas seorang polisi dalam pertarungan enam ronde.

Ciri khasnya mulai keliatan. Ia sama sekali jauh dari kelaziman. Sebagai petinju kelas berat, ia 'terlalu lincah.' Ia lebih mengandalkan kecepatan kakinya untuk menghindar dari pukulan lawan ketimbang membangun double cover.

Kharismanya pun makin kuat. Dari 19 partai pertamanya, ia menang KO 15 kali tanpa pernah kalah. Clay pun kian populer karena sering memprediksi dengan tepat pada ronde berapa ia akan menang KO.

Saat usianya 22 tahun, ia berhasil menjadi juara dunia termuda kelas berat. Titel ini direbutnya dari Sony Liston. Sebelum pertandingan digelar, denyut nadi Clay mencapai 120 kali/menit, jauh dari kebiasaannya yang hanya 54. Liston menilai ini sebagai kegelisahan dari lawannya.

Namun saat pertandingan, Clay bisa mengubah 'kegelisahannya' menjadi alat untuk memompa semangat. Ia menjadi jauh lebih dominan ketimbang Liston. Saat ronde ketujuh berdentang, Liston tak merespons. Menanglah Clay. Ia menjadi juara termuda sekaligus membungkam keraguan banyak orang. "Saya mengagetkan dunia!" katanya.

Setelah menang lawan Liston di tahun 1964, Clay mengaku kalau dirinya telah menjadi anggota Nation of Islam. Ia pun punya nama baru, Muhammad Ali.

Singkat cerita, ia enam kali menjadi juara dunia kelas berat. Ia mengalahkan nama-nama seperti Liston, Ernie Terrell, Leotis Martin, George Foreman, Ken Norton dan Leon Spinks.

Ali mampu mengalahkan semua petinju top di zamannya yang disebut 'era emas tinju kelas berat.' Ia mendapat gelar "Fighter of the Year" paling sering dibanding petinju mana pun.  Ia gantung sarung tinju tahun 1981, tiga tahun sebelum ia divonis menderita sindrom Parkinson.

Selain kehandalannya dalam bertinju, Ali juga terkenal karena kalimat-kalimat yang meluncur deras dari mulutnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah, "Boxing is a lot of white men watching two black men beat each other up."

Berikut beberapa kalimat yang dikatakan oleh Muhammad Ali yang dirangkum brainyquote.com. Selamat ulang tahun, Ali. (Wikipedia)

- Age is whatever you think it is. You are as old as you think you are.

- Float like a butterfly, sting like a bee.
 
- Frazier is so ugly that he should donate his face to the US Bureau of Wild Life.
 
- Hating people because of their color is wrong. And it doesn't matter which color does the hating. It's just plain wrong.
 
- I believe in the religion of Islam. I believe in Allah and peace.

- I hated every minute of training, but I said, "Don't quit. Suffer now and live the rest of your life as a champion."
 
- I'm not the greatest; I'm the double greatest. Not only do I knock 'em out, I pick the round.

- I'm so fast that last night I turned off the light switch in my hotel room and was in bed before the room was dark.

- If you even dream of beating me you'd better wake up and apologize.

- It's hard to be humble, when you're as great as I am.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi
VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024