Ferguson Penggemar Berat Muhammad Ali

Joe Frazier dalam kenangan
Sumber :
  • REUTERS/ Ray Stubblebine

VIVAnews - Selain sepakbola, Sir Alex Ferguson juga menggemari olahraga tinju. Manajer Manchester United itu mengaku sebagai penggemar berat legenda hidup tinju, Muhammad Ali.

Ali, yang terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay, Jr., merayakan hari ulang tahun ke-70 pada Selasa kemarin, 17 Januari 2012. Kiprah pria asal Kentucky, Amerika Serikat, itu rupanya menjadi magnet kekaguman bagi Ferguson.

Ferguson yang juga merayakan hari ulang tahunnya yang ke-70 hanya 18 hari lalu itu,  mengenang momen terindah Ali saat meraih gelar juara dunia termuda kelas berat. Pada 1964 silam, Ali yang kala itu baru menginjak 22 tahun, merebut titel tersebut dari Sonny Liston.

“Cassius Clay melawan Sonny Liston, saya sangat ingin menyaksikannya. Saya rasa, itu pertarungan yang menandakan bangkitnya atlet terbaik di dunia. Performa Clay muda sangat fantastis,” ujar Ferguson seperti dikutip dari Tribal Football, Rabu 18 Januari 2012.

“Sungguh sulit dipercaya, Clay mendatangi rumah Liston membawa perangkap beruang dan mengatakan: “Ayo, datang ke sini, saya punya ini untuk Anda.” Dan Anda bisa melihat yang sesungguhnya. “Saya akan membunuh Anda” balas Liston dengan amarah di wajahnya. Benar-benar pertunjukan teater yang sulit dipercaya,” papar pelatih asal Skotlandia tersebut.

Selain itu, Ali juga sukses menorehkan prestasi luar biasa bagi AS. Pemegang enam kali juara kelas berat itu sudah mempersembahkan medali emas Olimpiade di Roma, Italia, pada 1960 silam, saat usianya baru 18 tahun.

Ferguson pun mengagumi sosok Ali yang menjunjung tinggi kemanusiaan. Terlebih saat sang legenda memutuskan enggan melibatkan diri dalam perang Vietnam, yang berlangsung sepanjang November 1955 hingga April 1975.

“Dia mengatakan tidak akan berjuang untuk negaranya dalam perang Vietnam. Ya, Anda harus mengatakan bahwa dia adalah pria luar biasa,” tegas pelatih yang berkiprah di MU sejak 1986 silam. (irb)

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun
Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng

Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul

Pencapaian program studi Teknik Sipil dan Elektro tersebut, semakin memantapkan posisi Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana sebagai salah satu fakultas teknik terbaik.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024