Indonesia Ikuti 8 Cabor di Asian Beach Games

Winning Moment SEA Games XXVI new
Sumber :
  • ANTARA/Basrul Haq

VIVAnews - Indonesia hanya mengikuti delapan cabang olahraga pada Asia Beach Games di Haiyang, China, 16-23 Juni 2012. Ketua Satlak Prima, Aslizar Tanjung menjelaskan kedelapan cabor tersebut terdiri atas perahu naga, para gliding, sepatu roda, selancar angin, panjat dinding, voli pantai, ski air, dan sepak takraw.

Awalnya Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berniat mengikuti 13 cabang olahraga. Namun menurut pertimbangan satlak prima, hanya delapan yang dianggap berpeluang mengukir prestasi di multi even dua tahunan ini. Lima cabang olahraga yang batal diberangkatkan adalah basket pantai, sepak bola pantai, woodball, dan handball.

"Prestasi SEA Games harus kita pelihara bahkan harus terus kita tingkatkan," kata Aslizar di Gedung KOI, Kamis, 23 Februari 2012.

Aslizar menambahkan dirinya akan segera memanggil para altet kedelapan cabor tersebut. Mereka akan ditampung dalam pemusatan latihan (pelatnas) Satlak Prima. Aslijar juga mengatakan tidak akan membebani para atlet tersebut dengan target muluk-muluk.

"Saya berharap para atlet bisa mempersiapkan diri semaksimal mungkin melalui program Satlak Prima. Kalau bisa kami bisa menjadi juara umum. Tapi paling tidak kami bisa menempati peringkat tiga dalam Asian Beach Games nanti," kata Aslizar.

"Sampai saat ini kami masih meminta para Pengurus Besar (PB) ke delepan cabang tersebut untuk mematangkan jumlah personel yang akan dikirimkan nanti," ujar Aslizar menambahkan.

Ketua Umum KOI, Rita Subowo mengatakan bahwa kedelapan cabor yang akan dikirim adalah cabang-cabang unggulan.

Terkait pemilihan ke delapan cabang yang akan dipertandingkan dalam Asian Beach Games nanti, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Soebowo menjelaskan bahwa ke delapan cabang tersebut merupakan cabang unggulan. Menurutnya, para atlet yang akan bertarung sudah lama dipersiapkan untuk Asian Beach Games.

"Cabor-cabor itu tidak dipersiapkan secara instan. Cabor tersebut sudah dibina jauh sebelum SEA Games 2011 dan tentunya juga dilihat dari prestasinya," beber Rita.

Asian Beach Games pertama kali digelar di Bali pada 2008 lalu. Indonesia tampil sebagai juara umum dengan koleksi 23 emas. Dua tahun kemudian, even ini digelar di Muscat, Oman, dan Indonesia gagal mempertahankan gelarnya. Thailand tampil sebagai juara umum dengan koleksi 15 emas. 

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024