Rusli Zainal Tersangka KPK, ISG Jalan Terus

Gubernur Riau Rusli Zainal
Sumber :
  • ANTARA/Fachrozi Amri

VIVAbola - Gubernur Riau, Rusli Zainal saat ini telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Meski demikian, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menegaskan bahwa Islamic Solidarity Games (ISG) III yang akan digelar 6-17 Juni mendatang bakal tetap berjalan sesuai rencana.

Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal KOI, Timbul Thomas Lubis dalam jumpa pers di Senayan, Selasa, 12 Februari 2013. Menurut Timbul, dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, Riau masih yang paling siap dari berbagai aspek.

"Apalagi APBD di sana sudah siap, kalau dipindah sulit. Lagi pula ISSF (Islamic Solidarity Sport Federation) tidak mempermasalahkan kalau tetap digelar di Riau," kata Timbul kepada wartawan.

Rusli sendiri dinyatakan sebagai tersangka oleh KPK 9 Februari 2013 lalu. Politikus asal Partai Golkar itu tersandung kasus korupsi dana Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 yang juga digelar di Riau.

Mengenai posisi Rusli di kepanitiaan ISG, KOI belum bisa mengubahnya. Menurut Timbul, posisi Rusli sampai saat ini masih tetap sebagai ketua panitia daerah. "Kami tidak bisa menurunkan dia karena memang belum mengundurkan diri. Kalau masalah itu kita ikuti saja perkembangannya saja dari KPK," lanjut Timbul.

ISG III merupakan ajang multievent yang mempertemukan 57 negara Islam dunia dan mempertandingkan 17 cabang Olahraga. Seluruh venues pertandingan berada di Kota Pekanbaru.

Pada ajang perdana di Arab Saudi tahun 2005, saat itu Indonesia turut berpartisipasi dan merebut 1 medali emas melalui cabang taekwondo. Gelaran kedua yang seharusnya digelar oleh Iran pada 2009 lalu gagal bergulir karena merebaknya virus flu burung. (eh)

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024
ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Ramalan zodiak Sabtu, 20 April 2024. Scorpio, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam properti. Sagitarius, waspadalah teman dekat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024