Menpora Tolak Penggabungan KOI dan KONI

Roy Suryo Tinjau Kondisi GBK
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo mengambil sikap tegas terkait munculnya wacana penggabungan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Menurut Roy, kedua lembaga itu tetap menjalankan tugasnya sesuai dengan amanat undang-undang. 

Sebelumnya KONI sempat melempar wacana penggabungan dengan KOI. Namun gagasan ini ditolak KOI yang menganggap tugas kedua badan itu berbeda satu sama lain. KONI lebih fokus dalam pengembangan olahraga nasional sedangkan KOI berperan sebagai perpanjangan tangan Indonesia ke International Olimpic Committe (IOC).

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Untuk mengakhiri polemik ini, Roy kemudian menggelar pertemuan dengan ketua KOI, Rita Subowo, dan ketua KONI, Tono Suratman, di kantornya, Senin pagi, 18 Februari 2013. Rapat yang dibagi menjadi dua sesi itu baru berakhir pada pukul 11.00 WIB. Roy menjelaskan, keputusan mempertahankan KOI dan KONI merupakan kelanjutan dari Undang-undang Sistem Keolahragaan nomor 3 dan Keputusan Presiden 22/2010 tentang Satlak PRIMA.

Menurutnya, dalam kedua undang-undang tersebut dengan jelas disebutkan bahwa KONI dan KOI mengemban tugas yang berbeda. "Pemerintah tidak boleh abai, meski hal itu baru wacana. Karena itu, Pemerintah akan mempertahankan (KONI dan KOI). Dua keputusan diatas mengikat," ujar Roy dalam jumpa pers yang digelar di di Kemenpora, Senin siang.

Meski demikian, Roy tidak menutup diri terhadap kemungkinan penggabungan KONI dan KOI. Namun hal itu harus ditempuh sesuai dengan jalur yang benar. "Karena Undang-undang bukan kitab suci. Tapi perubahan tersebut harus lewat jalur yang sesuai dan hukum yang berlaku," tambah politisi asal Partai Demokrat itu.

Roy lalu menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka pintu masukan sebesar-besarnya dari seluruh elemen olahraga Indonesia agar tidak membuat masalah ini berkepanjangan. "Pemerintah mendukung adanya Musyawarah Nasional KONI, 19 dan 20 Maret mendatang. Jika ada rekomendasi dari munaslub akan diambil oleh pemerintah. Tapi ingat, ada mekanisme dan aturan yang harus dilewati," katanya. (sj)

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?
Duel Dewa United vs Madura United

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Dewa United menjaga asa mereka lolos ke babak Championship Series setelah menahan imbang Madura United 2-2 pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024