Thailand Juara Umum, Indonesia di Peringkat 4 SEA Games 2013

Indonesia berhasil memenangkan lomba perahu naga di SEA Games 2013
Indonesia berhasil memenangkan lomba perahu naga di SEA Games 2013
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVAbola - Kontingen Indonesia gagal mempertahankan status juara umum SEA Games, setelah di SEA Games 2013, Tim Merah Putih hanya menempati posisi 4 dalam klasemen perolehan medali. Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand yang keluar sebagai juara umum.

Hingga Sabtu 21 Desember 2013, total, Indonesia baru mengumpulkan 64 emas, 83 perak dan 109 perunggu. Indonesia terpaut 9 emas dari Vietnam yang menempati peringkat tiga. Perolehan tersebut meleset dari target semula, yaitu 120 emas untuk mengamankan posisi juara umum.

Kontingen Tim Negeri Gajah Putih mengunci gelar juara umum untuk ke-6 kalinya sepanjang sejarah pesta olahraga antarnegara kawasan Asia Tenggara itu. Sampai Sabtu, 21 Desember 2013 pukul 21.00 WIB, Thailand menggondol 107 emas, 94 perak, dan 80 perunggu. Sedangkan, Myanmar berada di posisi kedua dengan 84 emas, 61 perak dan 85 perunggu.

Gelar juara umum Thailand di SEA Games 2013 ini semakin lengkap setelah cabang sepakbola menyumbangkan sekeping emas. Thailand tampil sebagai juara setelah menudukkan Indonesia dengan skor tipis 1-0 di partai final yang berlangsung di Stadion Zeyar Thiri, Nay Pyi Taw, Sabtu 21 Desember 2013.

Hasil tersebut kian menambah panjang daftar kegagalan Indonesia merebut emas di cabang sepakbola SEA Games sejak terakhir kali meraihnya 1991 lalu. Kekalahan dari Thailand membuat tim asuhan Rahmad Darmawan itu harus puas meraih medali perak.

Sama seperti sepakbola, voli putra yang diharapakan mampu menyumbang emas justru harus menyerah di tangan Thailand. Sejumlah cabang pun kering gelar. Tidak ada sekeping emas dari cabang Taekwondo dan Judo. Padahal, dua cabang tersebut diandalakan untuk mendulang banyak emas

Sebaliknya, cabang-cabang yang tidak dibebani target meraih emas, ternyata mampu menyumbang emas. Cabang tersebut adalah: atletik (6 emas), canoeing (4 emas), sepeda (5 emas), rowing (5 emas), catur (4 emas) dan wushu (4 emas).