Electric PLN Taklukan Valeria Lewat Duel Lima Set

Manokwari Valeria Vs Jakarta Electric PLN di Pertamina Proliga Voli 2015.
Sumber :
  • D. A Pitaloka / VIVAbola

VIVA.co.id - Manokwari Valeria Papua Barat akhirnya berhasil mengantongi satu poin di akhir putaran pertama usai kalah 2-3 dari tim tuan rumah Jakarta Electric PLN di pertandingan terakhir putaran pertama Pertamina Proliga Voli 2015 di GOR Ken Arok Kota Malang 2015 Minggu 22 Februari 2015.

Meski demikian, Valeria tak bergeser dari posisi juru kunci. Sementara kemenangan melawan Valeria menempatkan Jakarta Electric PLN mengakhiri putaran pertama dengan 12 poin dan bertengger di peringkat ke tiga dari tujuh tim peserta Pertamina Proliga Voli Putri.

Pertandingan terakhir partai putri berlangsung ketat dan alot. Valeria Papua Barat nampak termotivasi untuk memetik poin terakhir demi merubah poin nol yang setia menempel sejak putaran pertama digelar 6 Februari 2015 lalu. Maria Jose Perez dkk berhasil menyudahi set pertama dengan skor tipis 29-27 kemenangan untuk PLN.

Set kedua, giliran Gunarti Indahyani memimpin Valeria menyamakan kedudukan dengan skor 22-25. Set ketiga, PLN kembali mencuri poin dengan skor 23-25 disusul Valeria yang tak mau kalah menyamakan kedudukan 2-2 dengan merebut set ke empat dengan skor 23-25.

Set penentuan bisa diakhiri dengan cepat oleh PLN setelah pemainnya terlihat fokus dan ngotot dengan skor 12-15, kedudukan 3-2 kemenangan untuk PLN.

Asisten Pelatih Jakarta Electric PLN Risco Herlambang memuji permainan Valeria yang begitu ngotot dan bisa memaksa anak asuhnya bermain hingga lima set. "Hampir 80 persen spike -nya lolos, receive nya juga oke. Sepertinya mereka termotivasi sekali memecahkan telur (nilai 0)," kata Risco usai laga.

Dia pun mencatat ada sejumlah evaluasi yang harus diperbaiki anak asuhnya Diputaran ke dua. "Banyak pemain muda yang masih labil mainnya, kadang baik kadang merosot. Itu yang jadi fokus perbaikan," jelasnya.

Sementara pelatih Valeria, Munawar nampak puas dengan hasil tersebut. Meskipun kalah dia optimis bisa mengejar poin di putaran ke dua nanti. "Dua minggu kami akan tinggal di Malang, refreshing sekaligus berlatih. Kami tidak pulang karena pertimbangan biaya," katanya

Salah satu evaluasi yang ditekankan pelatih pada masa jeda dua minggu adalah komunikasi antara pemain lokal dan asing. "Hari ini kita main nagus karena dua bule saya ternyata cocok dengan Yola (Claudia Yolanda), jadi kita paksa Yola turun di line up," tuturnya.

Berikut hasil klasemen Pertamina Proliga Voli Putri 2015 Putaran Pertama

1. Jakarta PGN Popsivo (16)
2. Jakarta Pertamina Energi (15)
3. Jakarta Electric PLN (12)
4. Jakarta BNI 46 (7)
5. Jakarta Bank DKI (6)
6. Petrokimia Gresik (6)
7. Manokwari Valeria Papua Barat (1)

Proliga 2016, Peserta Kategori Putri Menyusut

Baca juga:

Pevoli cantik, Alaina Bergsma

Pevoli Cantik Mantan Ratu Kecantikan Ramaikan Proliga 2016

Alaina membela Petrokimia Gresik.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2016