Tuan Rumah PON 2020, Papua Butuh Rp8,6 Triliun

Pembukaan PON Riau 2012
Sumber :
  • ANTARA/FACHROZI AMRI
VIVA.co.id
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Dana untuk membangun sarana dan prasarana PON XX tahun 2020 di Papua, dibutuhkan sekitar Rp8,6 trilun. Dana itu baru sebatas membangun venue (lapangan olah raga) dan membeli peralatan, belum termasuk anggaran penyediaan sarana pendukung lainnya.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Biaya pembangunan sarana dan prasarana PON XX di Papua tahun 2020 membutuhkan dana sebesar Rp 8,6 trilun. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk membangun venue-venue dan pembelian peralatan dalam pelaksaan PON XX.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


"Pemerintah provinsi baru melakukan perincian dana PON, hasilnya sesuai perhitungan dibutuhkan dana Rp 8,6 trilyun untuk membangun sarana olah raga, itu belum termasuk dana untuk membangun sarana pendukung lain seperti penyediaan air bersih dan listrik," ujar Sekretaris Umum KONI Papua Yusuf Yambe Yabdi, Senin 23 Febuari.


Dana sebesar Rp 8,6 triliun yang dibutuhkan, lanjutnya, bersumber dari APBD dan APBN. "Kalau hanya APBD tentu tidak cukup, harus ada dari APBN dan rincian dana dari APBN sudah disusun untuk kemudian diusulkan ke pemerintah pusat," katanya.


Dari Rp8,6 triliun yang dibutuhkan, rinciannya, untuk membangun sarana olah raga Rp6 triliun dan membeli peralatan Rp2,6 triliun. "Membangun sarana fisik yang menelan dana cukup besar," paparnya.


Venue-venue atau sarana olah raga akan dibangun di beberapa titik. "Semua sarana olah raga tidak terpusat di satu kota tapi di sebar di Timika, Merauke Wamena, Jayapura dan Biak, karena Papua menjadi tuan rumah juga sekaligus mempromosikan pariwisatanya," jelasnya.


Ia optimis, pembangunan venue serta pengadaan pelaratan dan sarana pendukung lainnya, akan tuntas setahun sebelum pelaksanaan PON. "Target kita semuanya sudah tuntas tahun 2019, karena sebagian sudah ada yang dibangun seperti di Timika," katanya.

Baca Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya