Sarung Tinju 'Bayangan' Muhammad Ali Dilelang Rp12 M

Sarung tinju "bayangan" milik Muhammad Ali
Sumber :
  • Telegraph
VIVA.co.id - 
Larang Muslim Masuk AS, Donald Trump Dikecam Muhammad Ali
Mantan petinju dunia, Muhammad Ali, kembali akan menjual salah satu koleksi kesayangannya di pasar lelang New York, Amerika Serikat. Ali akan menjual sarung tinju legendarisnya yang digunakannya pada satu pertandingan bersejarah tahun 1965 silam.

VIDEO: Muhammad Ali Dianugerahi 'Grawemeyer Spirit Award'
Sarung tinju ini digunakan Ali pada pertandingan melawan Sonny Liston, 25 Mei 1965. Ketika itu, Ali melancarkan sebuah teknik rahasia yang dikenal sebagai 'pukulan bayangan' ke wajah Liston di ronde pertama.

Muhammad Ali Dilarikan ke Rumah Sakit
Seketika, Liston pun KO dan sarung tinju yang digunakan oleh Ali mendadak jadi buruan para kolektor. Saat itu, Ali sama sekali tak berniat menjualnya. Pria 73 tahun berniat menyimpan sarung tangan tersebut ketika itu.

Namun, pikiran Ali berubah. Sadar butuh dana besar demi pengobatannya, Ali akhirnya rela menjual sarung tinju 'bayangan' lewat pasar lelang New York.

Pada Sabtu lalu, sarung tangan ini akhirnya laku dengan harga US$956 ribu atau setara dengan Rp12 miliar. Tak jelas siapa pembeli sarung tinju legendaris ini. Pasalnya, menurut Herritage Auctions of Dallas seperti dikutip Telegraph, sang pembeli tak mau identitasnya dibocorkan.

Saat memboyong sarung tangan tersebut, sang pembeli mendapatkan pesan khusus dari Ali yang ditulis di sebuah kertas. "Ini adalah barang paling penting dalam kehidupan saya yang pernah hadir di pasar," tulis Ali dalam pesannya.

"Ini adalah lambang olahraga. Penuh drama dan kebiadaban dari pertandingan Ali versus Liston," sambungnya.

Sebelumnya, Ali sudah menjual sarung tinju kesayangannya pada Agustus 2014 lalu. Ketika itu, Ali menjual sarung tinjunya di duel melawan Joe Fraizer pada 1971 silam. Sarung tinju itu dijual seharga US$836.500, atau Rp9,8 miliar.

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya