KOI Minta Menpora Bangun Perkampungan Atlet

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id -
Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio
Ketua Komite Olimpade Indonesia (KOI), Rita Subowo, meminta kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, segera membangun perkampungan atlet. Rita menganggap perkampungan atlet sangat penting untuk meningkatkan kebersamaan para atlet sebelum berjuang di setiap kejuaraan.

Ketum KOI: Angkat Besi Cabor Andalan Indonesia

Saat ini, tiap atlet Indonesia yang akan berlaga di setiap kejuaraan seperti SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade biasanya dikumpulkan di Hotel Atlet Century, Jakarta, atau di tempat lain yang disiapkan oleh Pengurus Besar (PB) cabang olahraga masing-masing.
Kisah Pahit Rio Haryanto di F1


Rita menilai hal itu sangat tidak efektif dalam meningkatkan kebersamaan dalam diri tiap atlet. Padahal kebersamaan sangat penting untuk meningkatkan motivasi mereka untuk berjuang demo merah putih.


"KOI ingin merekomendasikan untuk mengumpulkan atlet sebelum berkumpul seperti perkampungan atlet. Misalnya saja bisa pakai Ragunan atau teruskan proyek Hambalang. Setidaknya atlet bisa saling bertemu dan bersatu sebelum pergi bertanding," ujar Rita saat acara evaluasi SEA Games Singapura 2015 di Wisma Kemenpora, Kamis, 25 Juni 2015.


Selain itu, Rita juga menekankan pentingnya bantuan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, untuk bisa proaktif dengan KOI ketika melakukan perencanaan program bagi para atlet yang akan berlaga di sebuah kejuaraan.


"Kita tidak pernah dibantu oleh pemerintah dalam menyiapkan program. Kita inginnnya kalau mengirimkan kontingen terkait perencanaan anggaran bisa dipercepat," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya