Karena Jet Li, Juara Dunia Ini Mendalami Wushu

Atlet wushu Indonesia, Charles Sutanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana
VIVA.co.id -
Jet Li Tantang Vin Diesel di xXx: The Return of Xander Cage
Atlet wushu Indonesia, Charles Sutanto, tampil brilian dalam kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Selasa 17 November 2015. Buktinya, dia sukses menyumbangkan dua medali emas dari nomor berbeda di kejuaraan ini.

Kejurnas Wushu Junior, Siapkan Bibit Muda di Pentas Dunia

Di hari pertama, Charles sukses meraih emas dari nomor jianshu putra. Kemudian, pagi tadi, Charles sukses menyabet posisi pertama di nomor qiangshu putra. Selain dua medali ini, Charles masih memiliki prestasi lain. Di
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda


Wushu memang bukan olahraga baru bagi Charles. Sejak usia 10 tahun, atlet yang tergabung dalam perguruan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia tersebut sudah mengikuti wushu.


Maka, tak heran jika dia punya prestasi segudang di olahraga ini. Selain dua medali emas di kejuaraan dunia kali ini, Charles pernah meraih tiga gelar juara pada World Wushu Championship 2007, di Hongkong.


"Sudah lama ikut wushu. Memang saya tertarik ikut olahraga ini. Dan tak ada keraguan saat memutuskan berkecimpung di wushu," kata Charles.


Niat Charles terjun di dunia wushu ternyata terinspirasi dari aktor laga terkenal asal Beijing, Jet Li. Pria 25 tahun tersebut merasa kagum dengan penampilan Jet Li di film-filmnya.


Menurut Charles, aksi Jet Li di berbagai film yang dibintanginya sangat memukau. "Ya, ketika itu kan film Jet Li sedang populer. Saya juga suka nonton. Akhirnya, ikut wushu," terang Charles.


"Saya tak pernah kepikiran sih buat jadi atlet. Latihan saja yang benar. Eh malah jadi atlet," lanjutnya.


Sebenarnya, Charles mendapat kesempatan emas bertemu langsung dengan Jet Li yang merupakan idolanya itu. Yaitu, saat bintang The Expendables 3 tersebut datang ke Indonesia dalam upacara pembukaan di Jakarta Convention Center, Jumat 13 November 2015 lalu.


Sayangnya ketika itu Charles tak bisa berinteraksi langsung dengan Jet Li. "Tak boleh sama panitia. Tapi, saya cukup puas bisa lihat Jet Li secara langsung," ujarnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya