Langkah Mulus Tono Suratman Jadi Ketum KONI 2015-2019

Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman
Sumber :
  • koni.or.id

VIVA.co.id - Calon Incumbent Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman dipastikan untuk kedua kalinya akan mempimpin lagi posisi Jabatan Ketua Umum KONI Pusat priode 2015-2019 pada Musyawarah Olahraga Nasional Musornas KONI Pusat yang berlangusng di Hotel Aston, Jayapura.

KONI Setuju Lepas Simbol 5 Ring dari Logonya

Dipastikannya Tono kembali memimpin lagi KONI Pusat, karena yang bersangkutan merupakan satu–satunya calon resmi terdaftar melalui proses tim penjaringan.

Pada masa pembukaan sidang pleno pertama sempat terjadi perdebatan sengit menyangkut pengesahan tata tertib tentang tata cara penjaringan Calon Ketua Umum KONI Pusat.

Usulan dari PB TI (Taekwondo Indonesia) dan KONI Nusa Tenggara Barat agar Musornas sesuai dengan Pasal 6 ayat 3 Tata Tertib Musornas bahwa Musornas bisa menjaring dan menetapkan lagi calon–calon Ketua Umum.

Alasan yang dikemukakan PB TI dan KONI NTB itu cukup mendasar, mengingat hanya ada satu calon. Namun, keinginan itu dipatahkan oleh peserta Musornas yang mayoritas merupakan pendukung Tono.

"Sangat disayangkan jika Musornas di Papua ini hanya untuk mengaklamasikan seorang Tono Suratman. Kalau kita evaluasi, apa yang sudah dilakukan KONI Pusat selama empat tahun ini? Harusnya, yang bersangkutan instropeksi apa memang benar masih layak memimn KONI Pusat,” kata perwakilan KONI NTB, Umbu Samapaty.

Musornas KONI Pusat kali ini tidak dihadiri perwakilan pemerintah, dalam hal ini dari Kementerian negara Pemuda dan Olahraga. Pemandangan di Musornas KONI kali ini sangat berbeda, jika dibanding pada Musornas tahun 2003, 2007, dan 2011 yang lazimnya pada setiap Musornas ada perwakilan pemerintah yang ikut memberikan pembekalan kepada peserta Musornas.

Gubernur Papua Lucas Enembe Sabtu petang membuka resmi Musyawarah Olahraga Nasional Musornas KONI Pusat ke-12 di Hotel Aston, Jayapura, Papua. Dalam amanatnya Lucas Enembe berharap, agar Musornas ini dapat dijadikan sebagai langkah awal persiapan Papua menuju tuan rumah PON-XX tahun 2020.

"Dalam kesempatan ini, saya berharap agar Peserta Musornas yang hadir dari perwakilan cabang dan KONI se-Indonesia dapat membantu dan mendukung Papua menuju PON-XX taqhun 2020," ujar Lucas Enembe.

Hari ini, agenda Musornas membahas sidang Komisi meliputi Bidang Organisasi, Pembinaan Prestasi dan Dana, serta menetapkan secara Aklamasi Tono Suratman sebagai Ketua Umum KONI Pusat masa Bhakti 2015-2019. (asp)

Menpora Ambil Ancang-ancang Bekukan KONI
Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman

Target Pengurus Baru KONI Usai Resmi Dilantik

Program pembibitan menjadi agenda utama.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2016