Sang Rival Pecahkan Rekor Usain Bolt

Sprinter asal Amerika Serikat, Justin Gatlin.
Sumber :
  • Guardian

VIVA.co.id - Pelari asal Amerika Serikat, Justin Gatlin, baru-baru ini membuat sensasi. Dia berhasil memecahkan rekor lari jarak 100 meter milik rivalnya, Usain Bolt.Dalam lari jarak 100 meter, Bolt mencetak rekor 9,58 detik. Rekor tersebut diciptakannya dalam Kejuaraan Dunia di Berlin, 2009 lalu.

Pakai Steroid, Juara Olimpiade Dijatuhi Sanksi 8 Tahun
Torehan waktu Bolt bisa dikalahkan Gatlin. Namun, bukan di event resmi. Gatlin mengalahkan rekor Bolt dalam acara televisi Jepang, Kasupe. Catatan waktu pelari 34 tahun tersebut di acara tersebut, seperti dilansir Daily Mail, adalah 9,45 detik dengan kecepatan 32,19 km/jam.
 
Fakta Miris di Olimpiade Rio 2016
Catatan waktu ini tak dihitung oleh Federasi Atletik Internasional (FIA) karena bukan di ajang resmi. Tapi, tetap saja para penonton dibuat kagum dengan capaian Gatlin.
 
Manusia Tercepat Bidik Rekor Baru di Olimpiade Terakhirnya
Gatlin merupakan rival utama dari Bolt. Sayangnya, karier atletik Gatlin terganggu dengan berbagai masalah.
 
Pada 2001 silam, Gatlin diskors selama dua tahun akibat penggunaan doping. Hukuman tersebut akhirnya dipangkas hingga satu tahun.
 
Skandal yang sama menimpa Gatlin di 2006. Ketika itu, Gatlin diganjar sanksi selama empat tahun tak boleh berlari di atas trek.
 
Prestasi tertinggi Gatlin tercipta di Olimpiade 2012, London. Ketika itu, dia mencatatkan waktu 9,79 detik di nomor 100 meter dan meraih medali perunggu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya