Pakai Steroid, Juara Olimpiade Dijatuhi Sanksi 8 Tahun

Atlet jalan cepat Italia, Alex Schwarzer
Sumber :
VIVA.co.id
Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade
- Juara Olimpiade 2008 cabang jalan cepat 50 Km, Alex Schwarzer, dinyatakan kalah dalam banding terkait kasus doping yang melilitnya. Atlet Italia itu pun dijatuhi sanksi delapan tahun tak boleh bertanding.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya
Schwarzer dinyatakan positif menggunakan steroid pada tes pada Mei 2016 lalu. Sang atlet menyatakan tidak sadar telah mengonsumsi alat penambah kekuatan tersebut.

Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya
Federasi Atletik Internasional (IAAF) sudah menjatuhkan sanksi sementara pada atlet 31 tahun itu, tapi Schwarzer akhirnya memilih banding ke Badan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) setelah pengacara sang atlet menilai sampel urine kliennya telah diutak-utik.

Schwarzer sebelumnya pernah dijatuhi sanksi 3,5 tahun setelah mengakui menggunakan erythropoietin untuk menambah peredaran darah (EPO) pada 2012.

Schwarzer meminta CAS untuk memeriksa bandingnya secepat mungkin karena waktunya sangat mepet untuk Olimpiade 2016. Tapi, CAS akhirnya menyatakan Schwarzer bersalah dan seluruh gelar juaranya sepanjang tahun ini harus dicabut.

"Semua hasil kompetitif yang diraih oleh Alex Schwarzer sejak dan termasuk 1 Januari 2016 didiskualifikasi, apapun hasilnya termasuk mengembalikan medali, poin, dan hadiah," tulis pernyataan CAS, yang dilansir dari Reuters. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya