Indonesia Raih 24 Emas di Kejuaraan Renang ASEAN 2016

Kontingen Indonesia di SEA AGE Group Championship 2016
Sumber :

VIVA.co.id - Kontingen Indonesia berhasil menempati posisi kedua di klasemen umum ajang SEA AGE Group Championship 2016. Dalam ajang yang berlangsung 9-11 Desember di Thailand tersebut, Indonesia berhasil menempati peringkat dua.

Reza Rahadian Akui Sempat Jadi Atlet Renang Profesional Sebelum Terjun Akting

Pada hari terakhir kejuaraan, Indonesia yang berkekuatan 20 perenang berhasil menambah delapan emas, tiga perak dan enam perunggu. Total tim merah putih sukses mengumpulkan 24 emas, 17 perak dan 12 perunggu.

Indonesia pun menempati peringkat dua, di bawah Vietnam yang meraih 39 emas, 39 perak, dan 27 perunggu. Sedangkan di posisi tiga ada Singapura, yang pada kejuaraan ini menurunkan 70 perenang.

Film Glo, Kau Cahaya Ajarkan Tentang Semangat dan Perjuangan

Sedangkan Thailand, yang bertindak sebagai tuan rumah, harus puas menempati peringkat empat. Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E.Rahardjo menyebut, raihan Indonesia kali ini sudah cukup baik.

"Perolehan ini sudah jauh lebih baik dengan raihan tahun lalu yang mendapat 15 emas, 23 perak, 18 perunggu dan menempati peringkat tiga di klasemen umum, serta sudah melewati target dari pengurus 20 emas," kata Harlin dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Keren, Atlet Renang Korsel Ini Dapat Dukungan Jennie Blackpink

Belum lagi, Indonesia memecahkan empat rekor SEA Age Group Swimming Championship. Azzahra yang di hari kedua juga memecahkan rekor nasional untuk 400 meter gaya ganti perorangan putri, juga memecahkan dua rekor SEA  Age Group di hari ketiga.

Di nomor 200 meter gaya dada putri, Azzahra Permatahani (14 tahun) di Grup Kelompok Umur dua mencatat waktu dua menit 35,55 detik, dari waktu sebelumnya dua menit 36,46 detik. Azzahra juga mencetak rekor baru di nomor 200 meter gaya kupu-kupu, yang semula waktunya dua menit 17,69 detik ditajamkan menjadi dua menit 17,18 detik.

Kemudian, perenang putri Felicia Angelica (16 tahun) di Grup Kelompok Umur Satu juga mencetak rekor SEA Age di nomor 200 gaya dada. Dia menorehkan catatan terbaru dua menit 33,95 detik, dari waktu lama dua menit 34,06 detik.

Lalu, di nomor 4x100 meter gaya ganti estafet putri, Tim beregu Indonesia juga mencetak rekor dari waktu empat menit 20,25 detik ditajamkan menjadi empat menit 18,91 detik.

Selain itu, para perenang Indonesia juga dinobatkan menjadi perenang terbaik dari masing-masing kelompok umur. Untuk Kelompok Umur Satu Putri dari peringkat 1-3 diraih Indonesia dengan urutan peringkat pertama Felicia Angelica, kedua Adinda Larasati dan ketiga Sagita Putri Krisdewanti.

Sedangkan di Grup Kelompok Umur Dua, perenang Indonesia Azzahra juga menempati peringkat pertama. Hasil memuaskan ini mendapat respons positif dari Ketua Umum PRSI Anindya Bakrie.

"Ini hasil baik buah dari latihan dan kerja keras, semoga jadi modal berharga untuk ke depannya," puji Anin.

Rencananya, kontingen Indonesia akan tiba di Jakarta Senin Sore di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya