Sensor Cuaca Bakal Bantu Perhelatan Asian Games 2018

Jakabaring Sport City Palembang Berbenah Jelang Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA.co.id – Perhelatan Asian Games 2018 di Palembang nantinya bakal dibantu dengan lima sensor pendeteksi cuaca. Lima alat tersebut merupakan bantuan dari Amerika Serikat.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Seluruh sensor pendeteksi cuaca tersebut nantinya akan dipasang di sekitar Jakabaring Sport City. Tujuan pemasangan sensor cuaca tak lain adalah demi mendeteksi potensi kebakaran hutan yang berimbas kepada polusi udara.

Memang, kebakaran hutan di kawasan Sumatera menjadi salah satu masalah serius yang harus ditangani. Andai tak bisa diantisipasi, bisa jadi perhelatan Asian Games 2018 nanti berantakan.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Jadi, pemasangan alat sensor cuaca ini ditujukan untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang berakibat terjadinya kebakaran hutan, lahan, serta polusi udara jelang Asian Games 2018," kata Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Sumsel, Ruslan Bahri, Jumat 7 April 2017.

"Sistem kerja alatnya sederhana. Semua data ditangkap, dikirim melalui perangkat android. Setelahnya, kita bisa langsung tahu suhu, panas, dan kabut tebal," tuturnya.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Tim khusus pun dibentuk demi memperlancar kinerja pemantau cuaca ini, dan dinamakan Joint Weather Team for Asian Games 2018. Sudah ada pelatihan dan pembekalan untuk para pekerja demi bisa mengoperasikan alat tersebut. (art)

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024