Mengulas Serangan Bahu Conor McGregor, Teknik Kuno dan Licik

Bintang Ultimate Fighting Championship (UFC), Conor McGregor
Sumber :
  • Instagram/@ufc

VIVA – Jagat dunia maya belum habis mengulas tentang pertarungan antara Conor McGregor melawan Donald 'Cowboy' Cerrone di Ultimate Fighting Championship 246, 18 Januari 2020 lalu. Masih banyak yang bisa dikulik dari duel tersebut.

Tank Israel Siap Serang Rafah Jika Tak Ada Kesepakatan Gencata Senjata Setelah 72 Jam

Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah serangan bahu McGregor. Akibat serangan aneh itu, hidung Cowboy patah.

Cowboy harus melakoni operasi dan beristirahat selama enam bulan karena serangan bahu McGregor.

Prestasi Gemilang! Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024

Banyak pertanyaan muncul, menyelimuti teknik aneh yang dilancarkan McGregor. Apakah teknik tersebut legal dipakai di MMA?

Prinsip beladiri adalah, seluruh tubuhmu adalah senjatamu. Dan, McGregor benar-benar memegang teguh prinsip tersebut. Tentu, McGregor tahu aturan mixed martial arts. Jadi, tidak mungkin dia melakukan serangan itu, kalau termasuk dalam kategori pelanggaran.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Serangan bahu memang legal dilakukan di MMA. Tak ada peraturan yang melarang, serangan bahu dilakukan. Memang, jarang terjadi. Wajar saja, karena serangan ini sulit dilakukan.

Perlu ada kelenturan tingkat tinggi dalam tubuh sang pemakai. Terlebih, tenaga yang dibutuhkan juga sangat besar.

Sejatinya, serangan bahu dipakai untuk mengantisipasi para submission artist ketika ingin menekan lawannya. Teknik ini sebenarnya terinspirasi dari tinju dan beberapa beladiri tertentu.

Megabintang UFC, Conor McGregor, saat mencoba melepas clinch Donald Cerrone

Menjadi pilihan, karena biasanya, lawan yang melakukan clinch tak sadar berada dalam bidikan serangan tersebut.

Apalagi, dalam posisi clinch, biasanya submission artist sedang berada dalam posisi transisi dan menjaga lawannya tak lepas dari cengkeraman. Dalam situasi tersebut, lawan biasanya mencoba lepas dengan mundur dan mencari jarak tembak demi melepaskan serangan lutut.

Di sinilah, sebenarnya momen melepaskan serangan bahu muncul. Tapi, tak banyak yang melakukannya di era MMA modern. Petarung lain justru sering melepaskan serangan lutut ke wajah lawan, demi membebaskan posisi mereka.  McGregor, yang membangkitkan lagi teknik usang tersebut.

Pengamat MMA, Din Thomas, merasa tak heran dengan aksi McGregor. Sebab, teknik serangan bahu sudah dilupakan banyak orang.

"Biasanya, para pegulat cuma mau mencari posisi dan fokus pada ambisi menjatuhkan lawannya, kemudian mengunci mereka," kata Thomas dilansir MMA Fighting.

Thomas tak heran jika McGregor melepaskan teknik tersebut. Sebab, McGregor dilatih oleh John Kavanagh.

"John merupakan pria yang kuno. Dia tahu trik dan taktik kotor yang sering muncul di masa lalu," terang Thomas.

McGregor diyakini belajar menggunakan bahunya sebagai senjata, ketika menimba ilmu di klub tinju Crumlin. Itu merupakan klub pertama McGregor saat terjun di olahraga beladiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya