Ambisi PB WI 'Cetak' Lindswell Kwok Baru

Ketua PB WI, Airlangga Hartato dan Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • PB WI

VIVA – Lindswell Kwok merupakan salah satu atlet wushu terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Lindswell Kwok memiliki segudang prestasi yang membuat nama Indonesia harum di kancah internasional.

Pj Gubsu Dorong Atlet Wushu Sumut Raih Prestasi di Kejuaraan IWAG 2023

Sebelum pensiun pada 2018 lalu, Lindswell mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 untuk Indonesia. Raihan itu melengkapi prestasinya yang sudah mengoleksi lima medali emas dalam gelaran Kejuaraan Dunia sejak 2009.

Di level SEA Games, ia merupakan peraih medali emas sejak 2011 di Jakarta, 2013 Myanmar, 2015 Singapura, dan 2017 Malaysia.

Atlet Wushu Samuel Marbun Persembahkan Perak di Asian Games 2022

Medali Emas Indonesia dari Wushu oleh Lindswell Kwok

Setelah Lindswell pensiun, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) terus berusaha untuk melahirkan 'Lindswell-Lindswell’ baru dan Edgar Xavier. Salah satunya adalah mempersiapkan pelatih-pelatih yang berkualias. Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto menyebut pelatih yang berkualitas sangat berperan dalam melahirkan atlet-atlet terbaik.

Klasemen Medali Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi 8, China Makin Unggul

Hal tersebut ia ucapkan saat menghadiri acara Sertifikasi Pelatihan Tingkat Pratama Cabor Wushu bekerja sama dengan Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora), Selasa 14 Juli 2020.

"Cabor wushu adalah salah satu penggali medali emas tanah air dan ditangan para pelatih ini diharapkan lahir Lindswell-Lindswell baru. Semoga dari tangan pelatih-pelatih ini lahir Lindswell baru dan ada yang mendampingi Edgar," kata Airlangga.

Di tangan Airlangga, wushu Indonenesia semakin berjaya. Selama tiga tahun dipimpin Airlangga, cabor wushu mampu berprestasi di berbagai ajang internasional. Mulai dari SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019.

Bahkan, Di SEA Games2017, tim wushu Indonesia berhasil memboyong tiga medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Saat itu, Lindswell berhasil meraih medali emasnya dari nomor Taijijian (jurus pedang).

Pertandingan Final Wushu Lindswell

Di Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah, tim wushu Tanah Air juga mampu melampaui target dengan mengumpulkan lima medali yang terdiri dari satu emas, satu perak, dan tiga perunggu. Medali emas kembali dikontribusikan oleh Lindswell di nomor taijiquan dan taijijian putri.

Terima kasih kepada Bapak Menpora, Zainudin Amali yang telah memfasilitasi pelaksanaan sertifikasi ini dan para narasumber serta panitia pelaksanaan. Dengan sertifikat ini para pelatih akan percaya diri, dan lapangan pekerjaan terbuka untuk berbagai cabang olahraga," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya