Ternyata, Juara UFC Pertama dari Rusia Bukan Khabib Nurmagomedov

Juara kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov dan ayahnya, Abdulmanap.
Sumber :
  • Instagram: Abdulmanap Nurmagomedov

VIVA – Siapa juara Ultimate Fighting Championship (UFC) pertama kali yang berasal dari Rusia hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Ada dua nama petarung yang merupakan kandidat tersebut.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Pada masa lalu, Rusia memiliki petarung Mix Martial Art (MMA) bernama Oleg Taktarov. Sedangkan, di era modern, muncul sosok Khabib Nurmagomedov.

Pendiri UFC, Art Davie, mencoba menjelaskan polemik ini. Ia pun merasa, bahwa Taktarov adalah orang Rusia pertama yang menjadi juara UFC.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

"Oleg adalah juara UFC pertama dari Rusia. Status itu tidak bisa lepas darinya," ujar Davie, seperti dilansir Russia Today, Kamis 16 Juli 2020.

Davie menambahkan, pernyataannya terkait siapa petarung Rusia pertama yang menjadi juar di UFC tidak bisa dibantah lagi. Ia meyakini, bahwa Taktarov adalah yang pertama.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Bahkan, Davie sampai menyinggung format pertarungan UFC di masa lalu. Dalam satu waktu, Taktarov bisa meladeni sejumlah lawan. Contohnya pada tahun 1996, saat itu Taktarov memenangkan UFC 6, dengan mengalahkan tiga petarung.

Sedangkan, Khabib yang merupakan penguasa UFC asal Rusia di era modern, dinilai Davie, tidak mendapatkan tingkat kesulitan yang serupa dengan Taktarov. Sebab, format masa lalu dan sekarang sudah berbeda.

"Saya menghormati apa yang dilakukan Khabib saat ini. Tetapi, dia cuma bertarung dua kali dalam setahun. Hal itu jauh lebih mudah," ucapnya.

Davie pun meminta kepada Presiden UFC saat ini, Dana White, untuk memasukkan nama Taktarov ke dalam Hall of Fame. Namun, gagasan Davie itu masih belum mendapat tanggapan dari White.

"Dia (White) tidak mengatakan apa-apa. Dia hanya tersenyum. Dia tidak ingin berdebat tentang topik ini, tapi Oleg pantas untuk dikenali," katanya.

Baca Juga:

Wow, Tarif Hana Hanifah Cuma Butiran Debu dari Jam Tangan McGregor

Panas, Tyson Fury Kirim Pesan Perang untuk Deontay Wilder

Mengerikan, Mike Tyson 'Resmi' Lawan Monster Laut di Laga Comeback

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya