Bongkar Kepalsuan Jurus Golok Siluman Guru Chintya Candranaya

Chintya Candranaya dan Agus Setiawan Jaya
Sumber :
  • Yourube Chintya Candranaya

VIVA – Perlahan kebohongan aksi dari oknum pesilat wanita, Chintya Candranaya, mulai terbongkar. Berbagai aksi yang diklaim pihaknya sebagai sakti, dipreteli satu per satu oleh para ahli beladiri, editor video, dan lainnya.

Terpopuler: Ratusan Oknum Perguruan Silat Ditangkap, Pilot Smart Aviation Ditemukan Selamat

Salah satu yang paling keras dalam membongkar kepalsuan aksi Chintya adalah Tibenk Aditya. Akun instagram @bukanpendekar_ mengunggah analisa Thibenk soal jurus golok siluman yang diperagakan oleh guru Chintya, Agus Setiawan Jaya.

Berprofesi sebagai editor video, Tibenk melihat banyak kejanggalan yang muncul. Efek masking yang ditampilkan di video golok siluman terlihat jelas.

Meresahkan, Ratusan Oknum Perguruan Silat Diamankan Polisi saat Konvoi di Jombang

Menurut Tibenk, saat beraksi, jarak Agus dengan tiang dan wortel cukup jauh. Tak sedekat seperti yang dijelaskan oleh Chintya.

Pun, ada keanehan saat Agus beraksi dengan kaus hitam lengan panjang, membelah wortel yang ada di balik tiang.

Diduga Lecehkan Jurus Silat, Remaja di Pringsewu Lampung Dianiaya 4 Pria

"Lihat nih wortelnya. Fokus ke wortel. Beda sama yang tadi, ini lancip, sebelumnya tumpul. Di tengah-tengahnya juga ada garis hitam," ujar Tibenk.

"Gue ini editor, banyak hal yang bisa dilakukan supaya hasilnya begini," lanjutnya.

Kasus fake martial artist yang membelit Chintya sudah cukup lama. Berbagai praktisi beladiri cukup tersinggung dengan sikap Chintya yang kerap merendahkan aliran beladiri lain dan mengagungkan perguruannya, Harimau Utara.

Tapi, saat jurus-jurusnya minta dibuktikan ketika tim #BeladiriBersatu mendatanginya ke Lampung, Chintya bak hilang ditelan bumi dan tak menampakkan batang hidungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya