Kekayaan Legenda UFC Khabib Nurmagomedov, Angkanya Merinding

Juara kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Kekayaan Khabib Nurmagomedov dalam tiga tahun terakhir melesat jauh. Bahkan, Khabib telah menyandang status sebagai atlet terkaya Rusia dan nilai jual termahal.

Selamatkan Orangtua dari Kebakaran, Mantan Petarung UFC Mark Coleman Kritis di RS

Penghasilan Khabib melesat sejak 2018. Saat bertarung dengan Conor McGregor, Khabib mulai diperhitungkan sebagai petarung yang memiliki nilai komersial tinggi.

Saat itu, sponsor berbondong-bondong datang kepadanya. Meyakini, kalau Khabib punya nilai yang lebih menarik ketimbang McGregor.

Pengakuan Legenda MMA Royce Gracie Setelah Memeluk Agama Islam

Memang, Khabib ketika itu, bayarannya masih kalah dari McGregor karena cuma menerima US$2 juta atau setara Rp29,3 miliar. Dihitung dari penghasilan total, termasuk sponsor dan pay-per-view, Khabib juga kalah dari The Notorious.

Photo :
  • Daily Express
Usai Jeka Saragih Guncang UFC, Eperaim Ginting Hadapi Petarung Irlandia di Cage Warriors

Tapi perlahan penghasilannya meningkat. Buktinya, saat melawan Dustin Poirier di 2019, Khabib sudah menerima penghasilan dari UFC dan deretan sponsornya hingga US$6 juta.

Penghasilannya diyakini bertambah ketika menghadapi Justin Gaethje. Hanya dari duel saja, Khabib sudah mendapat bayaran hingga US$6 juta. Belum lagi, pemasukan dari sektor lain yang biasa dibayarkan pasca laga.

Jumlah penghasilan Khabib, dari duel melawan Gaethje di Ultimate Fighting Championship 254, Sabtu 24 Oktober 2020 lalu, kemungkinan bisa mencapai US$10 juta.

Khabib juga masih memiliki penghasilan lain dari sponsor setianya, seperti Gorilla Energy, Reebok, Toyota, dan SalamPay.

Pun, Khabib ternyata memiliki bisnis di luar dunia MMA. Dia diketahui memiliki bisnis travel, yang fokus dalam wisata muslim. Lalu, dia juga fokus dalam pengembangan usaha sepatu, pakaian, dan pertanian.

Photo :
  • The Sun

Mendiang ayah Khabib, Abdulmanap, sempat membocorkan berapa sebenarnya jumlah kekayaan anaknya. Angkanya tak pernah diduga, karena ternyata mencapai US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun!

Namun, sebenarnya Abdulmanap tak membuka secara rinci berapa nilai dari kekayaan Khabib. "Detailnya, saya tak tahu. Saya jujur," ujar Abdulmanap, dilansir Express.

Punya kekayaan melimpah, tak membuat Khabib congkak. Beda dengan McGregor, rival abadinya yang selalu pamer kekayaan, Khabib malah bersikap biasa saja. Bahkan, terkesan tak mau umbar hartanya.

Justru, Khabib lebih sering menghabiskan uangnya dalam bidang amal. Dia kerap berkontribusi dalam pengembangan sekolah-sekolah di kawasan Afrika dan daerah terlantar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya