Bedah Teknik Maut Triangle Choke yang Dipakai Khabib Nurmagomedov

Kuncian mengerikan Khabib Nurmagomedov ke Justin Gaethje
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Triangle choke mendadak jadi bahan pembicaraan. Itu dikarenakan baru saja digunakan oleh legenda Ultimate Fighting Championship, Khabib Nurmagomedov, saat mengalahkan Justin Gaethje, Sabtu 24 Oktober 2020 lalu.

Khabib Nurmagomedov Bakal Masuk Hall of Fame UFC

Khabib menggunakan teknik tersebut dengan sangat lembut. Di awal, dia sempat menubruk Gaethje.

Sulit bagi Khabib untuk mengunci Gaethje dari posisi atas. Sebab, perlawanannya begitu kuat.

Titisan Khabib Nurmagomedov 'Ngamuk' ke UFC Usai Hajar Bobby Green

Pun, ada perang batin di dalam hati Khabib, karena tak mau menyakiti Gaethje lebih parah. Itu dikarenakan dua orang tua Gaethje menonton langsung pertarungannya.

Khabib sebenarnya sempat merencanakan teknik lain, arm bar. Tapi, karena Gaethje bakal melawan lebih kuat dan ada potensi lengan patah, Khabib juga menyimpan rencana itu. Hingga akhirnya, triangle choke yang dilepaskan oleh The Eagles.

Khabib Nurmagomedov Doakan Bintang Timnas Ukraina Zinchenko

Lewat teknik ini, Gaethje begitu kewalahan. Dia akhirnya mau tap out. Wasit Jason Herzog sempat melakukan kesalahan dengan tak menghentikan pertarungan saat The Highlight tap. Dampaknya, Gaethje hampir saja pingsan.

Sebenarnya, seberapa parah dampak dari triangle choke? Sebelum sampai sana, mari kenali dulu kuncian ini.

Dikenal juga sebagai sankaku-jime, di judo, tipe kuncian ini bertumpu pada melingkarkan kedua kaki, mengaitkannya membentuk segitiga, dan mengunci bahu dari lawan, dengan sasaran utamanya adalah leher. Teknik ini bisa menghambat vaskular lateral aliran darah dari arteri karotis ke otak.

Photo :
  • MMA Fighting

Kalau terlalu kuat, dan korbannya tak bisa melepaskan, maka kesadarannya akan hilang, sama dengan yang dialami Gaethje.

Triangle choke sebenarnya dipakai dalam situasi serangan balik, saat tertekan di posisi bawah. Tak jelas dari mana asal-usulnya, namun terlihat pertama kali digunakan di turnamen Judo pada November 1921, oleh Yaichibei Kanemitsu.

Namun, versi primitif kuncian ini, menurut Kanemitsu, ditunjukkan oleh Senjuro Kanaya, seorang guru di sekolah beladiri Hinoshita Torite Kaisan Takenouchi-ryu.

Seiring perkembangan zaman, teknik ini dipoles jadi makin lembut. Dan dimodifikasi ke berbagai versi. Klan Gracie pun mempopulerkan teknik ini di Brazilian Jiu-jitsu.

Dari sinilah, dimulai bagaimana triangle choke mendunia. Karena, pada 11 Maret 1994, teknik tersebut akhirnya dipakai untuk kali pertama di pentas UFC 2 oleh Jason Delucia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya