7 Atlet Beladiri Muslim yang Luar Biasa, Ada Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov
Sumber :
  • instagram.com/ufc

VIVA – Khabib Nurmagomedov masih menjadi perbincangan hangat di dunia olahraga. Petarung asal Rusia itu baru saja mempertahankan gelar kelas ringan di Ultimate Fighting Championship (UFC) 254. 

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

Khabib menghancurkan Justin Gaethje di duel utama UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi, Sabtu malam 24 Oktober 2020. Namun, duel itu menjadi penutup karier Khabib.

Dia memutuskan untuk pensiun karena karena perintah dari ibunya. Sang ibu tidak mau lagi melihat Khabib bertarung tanpa sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang meninggal dunia pada Juli lalu akibat penyakit jantung.

Siap-siap! Mike Tyson Kembali Naik Ring, Siapa Lawannya?

Baca juga: Khabib dan Atlet Muslim yang Guncang Dunia, Nomor 3 Mengerikan

Sebelumnya, kami pernah membahas deretan atlet muslim yang mengguncang dunia. Itu secara umum, bagaimana jika khusus di dunia beladiri?

Jarang Terdengar, Berikut Arti Nama Islam Mike Tyson

Berikut 7 atlet muslim luar biasa di dunia beladiri, dilansir Sahijab dari Aboutislam:

1. Muhammad Ali
Raja tinju dan aktivis. Muhammad Ali, lahir sebagai Cassius Clay dalam keluarga Kristen, tidak diragukan lagi adalah yang terhebat sepanjang masa di dunia tinju.

(Baca juga: Penyebab Nama Islam Mike Tyson Tak Sepopuler Muhammad Ali)

Photo :
  • NBC News

Dia selalu membuat penasaran di atas kanvas, karena bakat tinju yang luar biasa dan di luar kanvas karena lidahnya yang tajam. Muhammad Ali meninggal pada 26 Juni 2017 karena penyakit parkinson.

2. Mike Tyson
Mike Tyson dipandang sebagai penerus Muhammad Ali. Terlepas dari kepribadiannya di luar arena tinju, pria itu adalah binatang buas. Dia memecahkan rekor demi rekor dan tentunya, setelah Ali sebagai petinju terbaik yang pernah ada.

Photo :
  • TMZ.com

Salah satu momen paling ikonik dan kontroversial dalam sejarah tinju datang dari Tyson: ketika ia memutuskan untuk menggigit telinga Holyfield.

Baca juga: Kemana Mike Tyson Saat Khabib Habisi Gaethje dan Pensiun?

Tyson mengaku sebagai penggemar berat Ali dan sering mengklaim bahwa dia tidak berpeluang di masa jayanya Muhammad Ali. Pria yang rendah hati, Tyson.

3. Bernard Hopkins
Legenda lain dalam adegan perkelahian adalah Bernard Hopkins. Karier sang legenda dimulai pada 1988, dan bertahan sampai pensiun pada 2016. Dia memiliki julukan 'Alien', karena fakta bahwa dia masih terlihat seperti mesin ketika dia melalui usia 50an.

Baca juga: Getir Penutup Karier Juara Dunia Tinju Tertua Bernard Hopkins

Photo :
  • Boxing scene

Hopkins pensiun ketika dia berusia 51 tahun, setelah memenangkan dua belas kejuaraan dunia utama di dua kelas berat dan menjadi juara kelas menengah yang tak terbantahkan dari 2004 hingga 2005.

4. Badr Hari
Badr Hari, 'Anak Emas' Maroko-Belanda. Hari memiliki karier yang hebat dalam kickboxing dan telah lama menjadi yang terbaik di dunia di divisi K-1 Heavyweight.

Photo :
  • instagram

Pada Desember 2016, ia kembali mengenakan sarung tangan untuk melawan juara saat ini 'Glory' Rico Verhoeven. Padahal, Badr Hari tidak pernah bertanding selama dua tahun. Jelas bahwa mantan Juara Dunia itu kalah melawan Verhoeven. Pertandingan ulang sudah direncanakan, tetepi tanggalnya belum diketahui.

5. Pangeran Naseem Hamed
Pria ini tidak boleh ketinggalan dalam daftar atlet muslim di dunia beladiri. Hamed Yaman memiliki salah satu gaya bertarung paling luar biasa yang pernah ada dan dia tidak bisa menyembunyikan fakta bahwa ia bangga menjadi seorang Muslim.

Pada 2002, Hamed memutuskan untuk menghentikan karier tinju, karena cedera tangan kronis. Pada 2015, ia masuk dalam 'International Boxing Hall of Fame'. Dia mungkin tidak lagi memiliki perut sixpack, tetapi masih dapat dikenali dari senyumnya yang murah hati.

6. Amir Khan
Khan adalah petinju yang dihormati di generasinya. Pada usia 17, Khan adalah peraih medali tinju Olimpiade Inggris termuda dalam sejarah.

Baca juga: Petinju Tajir Inggris Bantu Korban Corona COVID-19, Mourinho Lewat

Photo :
  • Fansshare

Dia memang memiliki hasrat untuk kriket dan sepakbola juga. Puncak karier tinju datang, ketika ia baru memulai dan saat dia memenangkan medali perak di Olimpiade 2004.

7. Khabib Nurmagomedov
Khabib Nurmagomedov, lahir di Dagestan di Rusia, adalah petarung MMA (Mixed Martial Arts) yang tak terkalahkan. Dia bertarung dalam 29 pertandingan dan tidak pernah sekalipun. Dia adalah bagian dari kompetisi UFC, yang berisi petarung hebat seperti Conor McGregor dan José Aldo.

Photo :
  • The Sun

Baca juga: Conor McGregor Pernah Lontarkan Hinaan Sadis untuk Istri Khabib

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya