Ritual Aneh Korban Keganasan Chris John Saat Habisi Manny Pacquiao

Duel Manny Pacquiao Vs juan Manuel Marquez
Sumber :
  • The Comeback

VIVA – Legenda tinju dunia asal Meksiko, Juan Manuel Marquez ternyata memiliki ritual aneh sebelum bertarung. Dia mengaku selalu meminum air seni sesaat sebelum naik ring.

Misteri Pacquiao Jadi Culun, Nyerah Sebelum Dipukul Petinju Indonesia

Marquez menjalani debut sebagai petinju profesional pada 29 Mei 1993 hingga 2017. Selama kariernya, dia menjadi petinju Meksiko ketiga (setelah Érik Morales dan Jorge Arce) yang menjadi juara dunia di empat kelas berbeda.

Selain itu, Marquez juga pernah memenangi sembilan kejuaraan dunia termasuk gelar kelas bulu WBA (Super), IBF dan WBO antara tahun 2003 dan 2007. 

Heboh Daftar Petinju Terbaik Sepanjang Massa, Tyson di Bawah Banget

Kemudian gelar kelas bulu super WBC dari 2007 hingga 2008; The WBA (Super), WBO, The Ring Magazine antara 2008 dan 2012; dan gelar kelas welter junior WBO dari 2012 hingga 2013.

Dalam karier yang berlangsung selama lebih dari dua puluh tahun, Márquez mencatatkan 64 pertandingan dengan 56 kemenangan (40 KO), 7 kalah dan sekali imbang.

Heboh, Muncul Petinju Sangar Titisan Manny Pacquiao

Adapun salah satu kemenangan Marquez yang terdahsyat adalah saat menghabisi raksasa tinju Filipina, Manny Pacquiao. Kemenangan itu terjadi di Nevada, Amerika Serikat pada Desember 2012.

Marquez menggemparkan dunia tinju. Sebabnya, itu merupakan kemenangan pertama dari pertemuan keempat kontra Pacquiao.

Dalam tiga duel sebelumnya, Pacquiao berhasil meraih dua kemenangan termasuk saat memperebutkan sabuk juara kelas welter dan sekali imbang.

Secara mengejutkan, Marquez mampu menghancurkan Pacquiao hingga terhempas ke kanvas. Pukulannya membuat Pacquiao menderita kekalahan TKO pada ronde keenam.

Pukulan maut Marquez tepat mendarat di muka Pacquiao. Dalam tayangan ulang di video pertandingan, kepala Pacquiao sempat terdorong ke belakang karena kekuatan pukulan Marquez.

Setelah itu ia tergeletak tak berdaya. Bahkan, saking kerasnya pukulan Marquez, wasit pertandingan sampai mengira dia sekarat karena terluka parah.

Marquez menyebut ada kebiasaan yang selalu ia lakukan sebelum bertarung. Menurut Marquez, meminum air kencing akan menambah kekuatannya berkali lipat.

“Meminum air kencing adalah kebiasaan yang sudah saya lakukan selama enam atau tujuh pertandingan terakhir, dan itu telah memberikan saya hasil yang bagus,” kata Marquez, dilansir Daily Star.

“Jika anda meminum atau menyuntik tubuh anda dengan vitamin, anda akan mengeluarkannya lagi saat buang air kecil. Jadi, mengapa tidak memasukannya kembali ke tubuh anda dengan meminum air kencing tersebut?” sambungnya.

Meski demikian, ritual dan keyakinan Marquez tak semuanya berjalan sesuai harapan. Dia pernah menjadi korban keganasan petinju jagoan Indonesia, Chris Jhon. 

Pertarungan Chris John kontra Marquez berlangsung pada 4 Maret 2006 di Tenggarong, Kalimantan Timur. 

Dalam pertandingan yang sangat menarik dan penuh dengan adu teknik dan skill tingkat tinggi, Chris John mampu menundukkan Marquez dengan kemenangan angka mutlak.

Selain kalah dari Chris Jhon, Marquez juga tak berdaya kala menghadapi Floyd Mayweather Jr di MGM Grand Garden Arena, Amerika Serikat tepatnya 19 September 2009 silam.

Marquez kalah dari Floyd Mayweather Jr yang saat itu tak bertarung selama dua tahun.

Duel yang berlangsung di kelas welter itu pun berakhir dengan kemenangan Mayweather lewat keputusan Unanimous Decision (120-107, 119-108, 118-109)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya