Besok, Juara Tinju Indonesia Tibo Monabesa Lawan Jagoan Filipina

Promotor Armin Tan (kemeja putih) bersama Tito (kiri) dan Tibo (kanan, celana pu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Juara IBO (International Boxing Organization) Indonesia, Tibo Monabesa bakal menghadapi petinju Filipina Toto Landero pada pertarungan kelas Light Heavyweight WBC (World Boxing Council) International.

Jadi Ketua KONI, Daud Yordan Kembangkan Bela Diri di Kayong Utara

Duel ini bakal berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu 14 April 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tibo saat ini menempati peringkat enam WBC dunia. Sedangkan Tito dari peringkat dua WBC Filipina.

Jadi Juara WBC, Persembahan Ongen Saknosiwi buat Ibu yang Tengah Sakit

Tibo dari Sasana Armintan BC Indonesia yang berusia 30 tahun punya rekor bertanding 23 kali, 20 kali menang dan delapan diantaranya menang KO.

Sedangkan Tito punya rekor 17 kali bertanding, 10 kali menang dan empat diantaranya menang TKO. 

Ketua DPD RI Ikut Berduka Cita atas Meninggalnya Hero Tito

"Saya optimis bisa menang, dan bisa menang KO atas petinju Filipina. Saya sudah sering menghadapi petinju Filipina, ini yang ketujuh lawan Filipina dan sudah tahu gaya bermainnya," sesumbar Tibo saat jumpa pers.

Tito juga tak mau kalah, dia menegaskan bakal tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan.

"Saya sudah persiapan satu tahun selama pandemi dan yakin menang, namun tidak janji di ronde ke berapa. Laga sudah pasti sengit," ucapnya.

Sementara itu, promotor pertandingan ini, Armin Tan meyakini duel ini bakal berlangsung sengit. Sebab, Tito sendiri bukanlah lawan yang enteng, dia punya jam terbang yang cukup tinggi.

"Tito ini bukan petinju sembarangan. Rekornya bagus karena pernah melawan dua juara dunia WBA dan WBO hanya dengan kalah angka saja. Jadi ini bakal hadir pertarungan internasional yang sengit," papar Promotor Armin Tan. 

Di tempat terpisah, Pengamat Tinju Hengki Silatang, duel ini bakal menaruk karena petinju Filipina yang hadir rekornya cukup bagus. "Ini bukan petinju Filipina kacangan. Saya berharap Tibo dalam kondisi yang fit melawan Tito, dan bukan hanya menang angka saja kalau bisa menang KO," jelas Hengki optimistis

Jika Tibo menang, maka Armin Tan sudah punya target jangka panjang untuk Tibo. "Visi saya jelas, jika Tibo bagus dan menang, maka selanjutnya menantang peringkat satu atau diatasnya, kemudian menantang juara dunia WBC," ungkap Armin.

Di sisi lain, duel ini seharusnya berlangsung Sabtu 10 April 2021, Tito wajib melakukan karantina sampai 13 April, sehingga partai diundur menjadi 14 April 2021. 

Armin Tan mengucapkan terima kasih kepada semua phak yang membantu seperti Menpora Zainudin Amali, Sesmenpora Gatot Dewabroto, Gugus Tugas, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Ketua Pertina DKI Hengki Silatang dan lainnya. 

Selain pertarungan Tibo vs Tito, juga ada partai tambahan lainnya yang dimulai pukul 14.00 WIB diantaranya Defry Palulu melawan Filipus Rangga, Hero Tito ditantang Hebi Marapu, lalu ada Hemzon Lamandouw melawan Jack Timor. 

Juga ada Fahd kontra Ibrahim Aroby, kemudian Hendrik Barongsay melawan Daeng Armando, lalu Egy Rotzen melawan Fransiscus Wahyu Baskoro, John Alvin menantang Mauf serta Oky Akbar melawan Dev Samuel Pangely.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya