Dambe, Pertandingan Tinju Brutal Ala Afrika Barat

Dambe, Pertandingan Tinju Brutal Ala Afrika
Dambe, Pertandingan Tinju Brutal Ala Afrika
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA – Unggahan sebuah laman Facebook tentang dunia tarung, mencuri perhatian. pasalnya, laman tersebut mengunggah video pertarungan beladiri brutal yang memperlihatkan dua petarung saling hajar dengan aksesoris ala kadarnya.

"Dambe... Tinju Asli di Nigeria Utara," bunyi caption dalam unggahan tersebut. Dalam video berdurasi 2 menit 19 detik itu terlihat seorang petarung langsung sempoyongan dan pingsan saat terkena pukulan lawan.

Video yang diunggah pada 24 April 2021 lalu iti mendapat sambutan ribuan like dan ratusan komentar. Beberapa komentar membeberkan rasa takjub mereka atas olahraga tinju yang sangat berbahaya ini

"Ini alasan mengapa Nigeria menguasai UFC, karena mereka dididik," tulis seorang netizen. "Dambe adalah olahraga yang unik dalam brutal," lanjut netizen lainnya setelah melihat video tersebut.

Lihat videonya di bawah ini:

Dambe sendiri merupakan seni bela diri suku Hausa dari Afrika Barat. Mirip seperti tinju, petarung Dambe menang dengan menjatuhkan lawan melalui pukulan atau tendangan. Pertandingan biasanya digelar dalam tiga ronde.