Mengerikan, Keganasan Chris John Bikin Mata Petinju Jepang Bengkak

Chris John vs Hiroyuki Enoki
Sumber :
  • .instagram.com/chrisjohnindonesia/

VIVA – Nama Chris John tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta tinju Indonesia era 2000-an. Chris John merupakan orang Indonesia pertama yang berhasil menjadi juara dunia kelas bulu.

Menang Tinju, Codeblu: Chef Arnold Jauh Lebih Kuat dari Saya

Sang legenda yang memiliki julukan The Dragon itu tercatat sebagai petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa.

Melansir Wikipedia, dia juga tercatat sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa. 

Chef Arnold Poernomo Minta Maaf Setelah Dikalahkan Codeblu

Chris John merupakan petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albarado dan Suwito Lagola.

Petinju kelahiran Banjarnegara itu memulai debut profesionalnya pada 1998 dan pensiun pada 2013 lalu. Sepanjang kariernya, Chris John menjalani 52 pertarungan.

Juara HSS Series 5, Forlan Rivaldo Bikin Lenny Hartono Bangga

Rinciannya sangat fantastis, Chris John menang 48 kali (22 KO), seri 3 kali dan hanya sekali kalah.

Salah satu kemenangan Chris John yang sulit dilupakan adalah saat ia membuat masyarakat Jepang terdiam setelah jagoannya hancur lebur di tengan Chris John.

Pertarungan itu adalah melawan Hiroyuki Enoki di Korakuen Hall, Tokyo, 24 Oktober 2008 silam. Dalam duel itu, Chris Jhon berusaha mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu versi Asosiasi Tinju Dunia (WBA).

Pertarungan berlangsung selama 12 ronde, dan Chris Jhon yang saat itu berusia 29 tahun tampil ganas serta mendominasi. Beberapa kali pukulannya telak mengenai Enoki.

Bahkan, Enoki mengalami pembengkakan mata kiri sejak ronde keempat, dan praktis mata kirinya tertutup oleh bengkak tersebut. 

Meski begitu, Enoki mencoba memberikan perlawanan kepada The Dragon. Sayang, perjuangannya selama 12 ronde tak mampu membuatnya menang. 

Dia harus mengakui keunggulan Chris John yang dinyatakan menang dengan kemenangan angka mutlak 117-111, 118-110, dan 118-110.

Bagi Chris John, kemenangan atas Enoki merupakan keberhasilannya mempertahankan gelar untuk yang kesepuluh kali

Selain itu, kemenangan tersebut menjadi yang ketiga kalinya di Jepang. Sebelumnya, The Dragon meraih dua kemenangan dengan mengalahkan Zaiki Takemoto pada 19 agustus 2007 dan Osamu Satu pada 4 Juni 2004.

Sepanjang kariernya, Chris Jhon tercatat lima kali berarung malawan petinju Jepang. Selain tiga nama di atas, Chris Jhon menghadapi Shoji Kimura pada 5 Mei 2012, dan Satoshi Hosono pada 14 April 2013. Semuanya berakhir dengan kemenangan.

Pengakuan Chris Jhon, dari lima petinju asal Jepang yang ia hadapi, Enoki lah yang menurutnya paling sulit dikalahkan. "Lima kali melawan petinju Jepang...2008 vs Hiroyuki Enoki lawan terberat dari jepang 2008," tulis Chris Jhon di akun instagramnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya