Dahsyatnya Duel Juara Dunia Indonesia Chris John Vs Daud Yordan 

Duel Chris John vs Daud Yordan
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA – Chris John dan Daud Yordan merupakan dua petinju kebanggan Indonesia. Chris John merupakan orang Indonesia pertama yang berhasil menjadi juara dunia kelas bulu.

Bikin KO Banyak Calon, Daud Yordan Unggul di Real Count KPU Pemilu DPD Kalbar

Sang legenda yang memiliki julukan The Dragon itu tercatat sebagai petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa.

Melansir Wikipedia, dia juga tercatat sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa.

Keganasan Chris John dan Daud Yordan Gemparkan Amerika

Chris John merupakan petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albarado dan Suwito Lagola.

Petinju kelahiran Banjarnegara itu memulai debut profesionalnya pada 1998 dan pensiun pada 2013 lalu. Sepanjang kariernya, Chris John menjalani 52 pertarungan. Rinciannya sangat fantastis, Chris John menang 48 kali (22 KO), seri 3 kali dan hanya sekali kalah.

Mengerikan, Saat Manny Pacquiao Hancur Dihantam Korban Keganasan Chris John

Sementara Daud Yordan merupakan penerus kebanggan Indonesia di dunia tinju. Setelah Chris John pensiun, Indonesia masih punya Daud Yordan yang berstatus juara dunia tinju.

Dia menjadi petinju pertama Indonesia yang mampu meraih gelar juara dunia di tiga kelas berbeda yakni bulu, ringan, dan ringan super. Sebelumnya, Daud juga menjadi juara dunia kelas bulu dan ringan versi badan tinju IBO.

Cino (panggilan akrabnya) melakukan debut profesionalnya dengan manis pada 13 September 2008 setelah mengalahkan Antonio Meza. Dan pertarungan terakhirnya adalah melawan Michael Mokoena pada 2019 lalu.

Cino berhasil mengalahkan Michael Mokoena dengan kemenangan TKO di ronde 8. Kemenangan itu membuatnya menjadi juara dunia kelas ringan super IBA.

Pada perjalan karier kedua petinju andalan Indonesia ini, mereka pernah saling berhadapan. Momen itu terjadi pada 17 April 2011 di Jakarta International Expo, Kemayoran. Saat itu, Chris John berstatus sebagai juara dunia tinju kelas bulu versi WBA. Sedangkan Cino penantangnya. 

Boxingscene menggambarkan pertarungan itu berlangsung begitu sengit. Namun, John yang kala itu lebih tua delapan tahun tampil dominan dan membuat wajah Yordan membengkak di sekitar kedua matanya pada ronde kesepuluh.

Duel ini dinilai sebagai salah satu penampilan terbaik dari John. Dia jauh lebih unggul dan tampak lebih kuat secara fisik daripada Yordan, yang sangat lincah. Tapi, pengalaman berbicara di sana, Jhon menang angka mutlak setelah berduel 12 ronde 116-112, 116-112 dan 117-111.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya