Kegemukan buat Duel Wanita Dibatalkan, Aziz Vs Fhasya jadi Pengganti

One Pride FN 53
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Nasib sial dirasakan Efi Dian Sofiana. Duelnya kontra Khoirul Fauziah di One Pride Mixed Martial Arts Fight Night 53 terpaksa dibatalkan.

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan

Itu lantaran Khoirul tak memenuhi kriteria berat yang ditentukan dalam sesi timbang badan yang dilakukan Jumat malam, 19 November 2021. Di situ, Khoirul tercatat memiliki berat 55,3 kg. Bobotnya lebih 3,1 kg dari batas berat kelas straw wanita yang ditentukan yakni 52,2 kg.

Lebihan berat tersebut juga melewati batas toleransi yang ditetapkan oleh Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI), yaitu 2 kg. Kondisi ini membuat Efi yang tak kelebihan bobot menolak untuk bertanding.

One Pride MMA King Size New Champion untuk Indonesia Berbagi dengan Anak Yatim di Bulan Ramadhan

Gugun Gusman vs Nicolaus Brandon di sesi timbang badan Fight Night 53

Photo :
  • Onepride.net/Ridsha Vimanda Nasution

Keputusan itu diambil setelah perundingan bersama pelatih dan negosiasi dengan tim Khoirul. Maka itu, promotor terpaksa mencari duel pengganti.

Ditemani CEO One Pride, Yudi Cahyadi Terbang ke Shanghai Ikuti UFC Performance Institute

"Peraturan KOBI overweight batas maksimal adalah 2 kilogram. Jika lebih dari 2 kilogram, tentunya ini akan dikembalikan kepada kedua petarung melakukan negosiasi," kata Ketua Dewan Juri One Pride MMA, Max Metino, kepada wartawan di lokasi timbang badan, Jakarta.

"Karena overweight selisihnya terlalu besar. Jadi Efi menolak dan terpaksa tidak bisa bertanding untuk besok malam. Sangat disayangkan sekali kejadian ini terjadi lagi. Dulu pernah terjadi yaitu Agung Maulana, kemudian sekarang terjadi lagi Khoirul Fauziah," lanjutnya.

Lebih lanjut, promotor One Pride MMA mengganti pertandingan Efi Dian Sofiana vs Khoirul Fauziah dengan partai perbaikan peringkat kelas bantamweight. Petarungnya adalah Aziz Lamarang akan menghadapi Fhasya Ikhsan di FN 53.

"Kita sudah menemukan partai pengganti, yaitu Aziz Lamarang melawan Fhasya Ikhsan di kelas bantam perebutan ranking. Laga itu akan menggantikan partai dari Woman strawweight," jelasnya.

Hasil Timbang Badan One Pride MMA Fight Night 53:

Partai utama perebutan sabuk juara kelas bantam 61,2 kg
Gugun Gusman (59,7 kg) vs Nicolaus Brandon (59,7 kg)

Perbaikan peringkat kelas straw 52,2 kg
Guardiola Lumihi (52,4 kg) vs Franstitus Tarigan (51,8 kg)

Perbaikan peringkat kelas woman straw 52,2 kg (Batal)
Efi Dian Sofiana (49,8 kg) vs Khoirul Fauziah (55,3 kg over)

Perbaikan peringkat kelas bantam 61,2 kg
Mandala Simanjuntak (59 kg) vs Jefri Arianto Utomo (60 kg)

Perbaikan peringkat kelas bantam 61,2 kg*
Aziz Lamarang (58,9 kg) vs Fhasya Ikhsan (61,7 kg)

Ket:*duel pengganti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya