Duel Mengerikan, Chris John Ngamuk Habisi Penakluk Pacquiao

Chris John  usai menang melawan Fernando Saucedo
Chris John usai menang melawan Fernando Saucedo
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVA – Bicara soal tinju Indonesia, tak afdol jika tak menyebut nama Chris John. Ya, petinju kelahiran Banjarnegara itu sudah malang melintang menghiasi ring tinju nasional bahkan dunia, namanya masih harum hingga saat ini. 

Sang legenda yang memiliki julukan The Dragon itu tercatat sebagai petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa. Melansir Wikipedia, dia juga tercatat sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa sebanyak 10 kali.

Chris John merupakan petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albarado dan Suwito Lagola. Petinju kelahiran Banjarnegara itu memulai debut profesionalnya pada 1998 dan pensiun pada 2013 lalu. 

Manny Pacquiao tergeletak usai dihantam Juan Manuel Marquez

Manny Pacquiao tergeletak usai dihantam Juan Manuel Marquez

Photo :
  • NY Times

Sepanjang kariernya, Chris John menjalani 52 pertarungan. Rinciannya sangat fantastis, Chris John menang 48 kali (22 KO), seri 3 kali dan hanya sekali kalah.

Pukulan-pukulan keras dan cepat sudah memakan banyak korban. Salah satu duel 'The Dragon' yang sangat fenomenal adalah kala bentrok dengan petinju asal Meksiko bernama Juan Manuel Marquez pada 4 Maret 2006 lalu. 

Nama Juan Manuel Marquez kala itu begitu mentereng, dia merupakan salah satu petinju elite di kelas bulu. Bahkan petinju Filipina, Manny Pacquiao pernah dikalahkan.