Pukulan Daud Yordan Makan 8 Korban Petinju Thailand, Ada 1 yang Tengil

Petinju, Daud Yordan (tengah) dan pemilik Mahkota Promotion, Raja Sapta Oktohari (kiri).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – 19 November 2021, petinju kebanggaan Indonesia, Daud Yordan melakoni duel comeback usai 2 tahun tak naik ring. Petinju Thailand, Rachata Khaopimai jadi korban keganasan petinju dengan julukan Cino ini dengan kemenangan TKO di ronde kelima. Dengan kemenangan ini, Daud melanjutkan catatan positif melawan petinju Thailand. 

Butuh 17 Pukulan Mematikan, Mike Tyson Ungkap Petinju Ini Jadi Lawan Terberat

Duel Daud dan Rachata bertajuk perebutan sabuk juara WBC ABC Silver Super Lighweight yang digelar di Pattaya pada 19 November 2021. Awalnya kedua petinju tak terlalu agresif di ronde pertama, sampai akhirnya memanas memasuki ronde kedua. 

Jual beli pukulan terjadi hingga di ronde keempat, dominasi Cino kian kental. Di pengujung ronde keempat, Daud mendapatkan momentum untuk melakukan serangan bertubi-tubi ke arah wajah Rachata yang membuat lawannya sempat goyah tanpa perlawanan. 

Bikin KO Banyak Calon, Daud Yordan Unggul di Real Count KPU Pemilu DPD Kalbar

Petinju Indonesia, Daud Yordan menang di Thailand

Photo :
  • tangkapan layar instagram

Akan tetapi, Rachata yang hampir tak berdaya masih mampu berdiri hingga ronde keempat berakhir.  Pada ronde kelima, Daud terus melakukan serangan hingga akhirnya wasit memutuskan kemenangan TKO untuk petinju asal Kalimantan Barat tersebut setelah Rachata dinilai sudah tak mampu memberikan perlawanan. 

Geger Mike Tyson Pakai Jersey Juventus

Kemenangan ini melanjutkan tren positif Daud melawan petinju Thailand. Dilansir wikipedia, Rachata resmi jadi petinju ke-9 yang berhasil dikalahkan Daud.  Sebelumnya sudah ada delapan petinju Thailand lain yang dihancurkan Daud, siapa saja mereka?

Yang pertama ada Naron Sor Chitralada, dia merupakan petinju Thailand perdana yang dikalahkan Daud. Duel tersebut terjadi di tahun 2006 lalu. Pertarungan ini dimenangkan Daud di ronde ke-2 lewat KO.  Korban keganasan Daud yang kedua adalah, Kongtoranee Sithtradtrakan. Duel ini berlangsung sengit, Kongtoranee sampai bisa menahan agresifitas Daud hingga ronde ke-7 namun berujung kekalahan di ronde ke-7 melalui TKO.  Yang ketiga, Saman Ekwanchai. Tiga petinju Thailand pertama yang dikalahkan Daud terjadi di tahun yang sama, 2006. 

Setahun berselang, yaitu 2007 Ekawit Sithsorwor menantang Daud. Pertarungan ini berhasil dimenangkan dengan mudah oleh Daud di ronde kedua.

Ada lagi Peesaddaeng Kiatsathanee, masih di tahun yang sama. Duel tersebut digelar di Indonesia, Indosiar Studio. Peesaddaeng juga tak mampu memutus rekor kemenangan Daud, kala itu Daud catatkan kemenangan ke-17 secara beruntunnya.  Tahun 2008 ada Thingthai Rajanondh yang juga dikalahkan Daud. Tahun 2017 ada Campee Phayom selanjutnya yang cukup menyita perhatian adalah Aekkawee Kawemane di 2019. 

Cukup disorot karena di pertengahan duel, Aekkawee terlihat meremehkan Daud dan berujung malapetaka. Sejak ronde awal, Daud Yordan mendapat intimidasi dengan ledekan-ledekan yang dilakukan lawannya. Aekkawee meledek dengan menjulurkan kepalanya tak sekali atau dua kali tapi sering dilakukan. 

Petinju Thailand, Aekkawee Kaewmanee saat menghadapi Daud Yordan

Photo :
  • Tangkapan layar WSF Global

Namun Daud tak terprovokasi, dia malah makin ngotot ingin melukai lawannya itu. Dan akhirnya di ronde kelima Aekkawee menyerah karena sudah menerima pukulan bertubi-tubi. Dia kelimpungan dan tidak bisa melanjutkan laga. Cino menang di ronde ke-6 melalui TKO. Kemudian yang terakhir Rachata.

Lebih lanjut, Daud Yordan kini memegang 3 gelar juara dunia usai menang lawan Rachata. Tiga gelar yang dimaksud adalah WBC Asian Boxing Council Silver kelas ringan super, serta IBA dan WBO Oriental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya