Berawal Cari Perempuan Cantik, Raja Tinju Dunia Jadi Mualaf

Dua legenda tinju, Mike Tyson dan Muhammad Ali
Dua legenda tinju, Mike Tyson dan Muhammad Ali
Sumber :
  • Bad Left Hook

VIVA – Nama Muhammad Ali tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta tinju dunia. Meski berkarier pada 1960-1981, namun namanya tak lekang oleh waktu. Aksi-aksinya menjadi perbincangan dan idola bagi para petinju muda.

Muhammad Ali memenangkan 19 pertandingan profesional pertamanya. Mengerikan, 15 di antaranya menang KO sejak debut pada 1960.

Muhammad Ali, meraih gelar juara dunia pertamanya pada 25 Februari 1964. Dia meraihnya usai menghancurkan Sonny Liston. Sepanjang kariernya, dia pernah berstatus juara dunia kelas berat versi WBA dan WBC.

Ali juga tercatat dalam sejarah tinju sebagai petinju pertama yang merebut gelar juara kelas berat sebanyak 3 kali pada 1978 usai mengalahkan Leon Spinks.

Ali pensiun pada 1981 saat kalah dari Trevor Berbick. Total, Ali mencatatkan 56 kemenangan (37 menang KO), dan hanya kalah lima kali dari 61 pertarungan yang dijalaninya.

Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali

Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali

Photo :
  • USS Feed

Pada 3 Juni 2016, dunia tinju berguncang. Ali menghembuskan napas terakhir di usia 74 tahun usai melawan penyakit parkinson

Meski Ali sudah meninggal, namun kisah-kisah inspiratifnya selalu menarik diperbincangkan. Salah satunya adalah perjalan sang legenda memeluk agama Islam.