Amerika Dibuat Terpelongo Pukulan Sadis Chris John dan Daud Yordan

Chris John vs Rocky Juarez
Sumber :
  • Antara/Str

VIVA – Amerika Serikat sempat dibuat terpelongo oleh dua bintang tinju milik Indonesia, yaitu Daud 'Cino' Yordan dan Chris John. Kedua petinju ini, mempertontonkan pertarungan brutal di Amerika. 

HSS 5 Jakarta Gelar Pertandingan Tinju Terbesar di Indonesia, Gelontorkan Dana Miliaran

Tak dipungkiri, nama Chris John dan Daud Yordan masuk dalam jajaran petinju terbaik milik Indonesia. Chris John memang sudah pensiun namun The Dragon, begitu julukannya merupakan sosok yang hingga sekarang tak lekang oleh waktu. Namanya masih harum hingga saat ini. 

Petinju kelahiran Banjarnegara itu sudah malang melintang menghiasi ring tinju nasional hingga dunia. Chris John merupakan juara dunia terlama dalam sejarah tinju Indonesia, dia menguasai tinju kelas bulu WBA selama 1 dekade 2003 hingga 2013. 

Resmi Tayang, Series Ellyas Pical Suguhkan Tontonan Inspiratif dan Menghibur

Chris John mampu memeprtahankan gelar kelas bulu WBA sebanyak 10 kali. Dia pernah menjadi juara Kelas Bulu Super WBA dengan menaklukkan Rocky Juarez, dan mempertahankannya selama 6 kali hingga dominasinya terhenti usai dikalahkan Simpiwe Vetyaka di tahun 2013. 

Karier Daud Yordan tak kalah mentereng, Cino begitu julukannya merupakan satu-satunya petinju Indonesia yang memiliki 3 gelar juara dunia sekaligus yaitu WBC Asian Boxing Council Silver kelas ringan super, serta IBA dan WBO Oriental.

Ketagihan Bintangi Series Ellyas Pical, Denny Sumargo Bakal Ikut Tanding Tinju Profesional?

Dari sekian banyak pertarungan yang mereka alami, nampaknya ada satu kesamaan yaitu mereka pernah membuat terkejut Amerika. Penasaran dengan ceritanya? 

Daud Yordan versus Antonio Mezza

Amerika Serikat dibuat terpelongo oleh petinju Indonesia, Daud 'Cino' Yordan kala dirinya mempertontonkan pertarungan brutal melawan petinju Meksiko bernama Antonio Mezza.  Duel ini berlangsung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Amerika Serikat pada 13 September 2008.  Cino tampil pada partai tambahan Juan Manuel Marquez vs Joel Casamayor.  Ribuan orang memadati tribun penonton yang didominasi oleh penikmat tinju dari Amerika Serikat.  

Petinju asal Indonesia, Daud Yordan

Photo :
  • Istimewa

Pertarungan melawan Antonio jadi cukup spesial bagi Cino sebab ini adalah partai perdana Daud berbendera Golden Boy Promotion. Sebuah usaha kepromotoran milik petinju ternama asal Amerika Serikat, Oscar De La Hoya.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Cino. Duel kelas bantam tersebut berlangsung sengit.   

Jual beli pukulan menghiasi arena pertandingan, tak ada yang mau mengendur sampai akhirnya duel ini berkesudahan di ronde ke-8. Daud dinyatakan menundukkan Antonio Meza dengan kemenangan mutlak. 

Dua hakim memenangkan Daud, sementara 1 juri lain memberikan angka imbang untuk kedua petinju.  Dengan demikian Cino menang lewat skor 76-76, 88-74 dan 78-74. 

Chris John versus Rocky Juarez

Duel antara The Dragon dan Rocky Juarez terjadi pada September 2009 lalu di MGM Grand,Las Vegas, Amerika Serikat. Itu merupakan duel kedua usai di laga pertama kedua petinju dinyatakan imbang. 

Chris John (kiri) vs Rocky Juarez

Photo :
  • eurosport.com

Di laga kedua ini Chris John menang mutlak usai ketiga juri memberikan angka kemenangan kepadanya dengan 114-113, 119-109 dan 117-111. Duel tersebut berlangsung sangat seru, bahkan diketahui usai pertandingan wajah keduanya sudah sulit dikenali karena banyaknya memar yang didapat.

Degan begitu Chris John mempertahankan gelar juara dunia tinju kelas bulu versi WBA untuk kali ke-12. 

Itu merypakan duel yang terjadi tujuh bulan setelah duel pertama yang digelar Februari 2009. Di laga perdana ketiga wasit secara kontroversial memberikan nilai imbang meski The Dragon tampak unggul dan kontroversi inilah yang membuat duel diulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya