Miliki Legacy, Suwardi Indikasikan Pensiun dari One Pride?

Juara kelas terbang One Pride, Suwardi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Petarung One Pride Mixed Martial Arts kelas terbang, Suwardi, mengindikasikan bahwa dia bersiap untuk pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya. Dia merasa sudah cukup lama berkecimpung di MMA dan meninggalkan legacy.

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Suwardi memang sudah cukup lama berkecimpung di One Pride MMA. Dia merupakan petarung generasi pertama sejak One Pride dimulai pada 2016.

Berbagai prestasi pun telah ditorehkannya. Dia pernah menjadi juara kelas terbang dan ikut membesarkan One Pride bersama dengan PSHT.

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan

Salah satu duelnya yang paling diingat tentu ketika menghadapi Rudy Agustian dalam perebutan sabuk juara. Pasalnya, tensi tak hanya panas di oktagon tetapi juga di luar oktagon.

Suwardi bertarung dengan Rama Supandhi di Fight Night 56 One Pride MMA

Photo :
  • Medi & Aziz/One Pride
One Pride MMA King Size New Champion untuk Indonesia Berbagi dengan Anak Yatim di Bulan Ramadhan

Mereka bertemu sebanyak dua kali. Duel pertama di FN 14 dimenangkan Rudy. Sebelum Suwardi membalasnya di FN 19.

Setelah melalui banyak momen, Suwardi merasa kini sudah saatnya dia memikirkan untuk beristirahat. Dia ingin memberikan kesempatan bagi para petarung muda agar bisa bersinar menggantikan dirinya.

"Di penghujung tahun ini mungkin saya ingin habiskan sisa kontrak dan bersiap pensiun," kata Suwardi kepada VIVA.

Suwardi Kembali Menjadi Juara

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sudah saatnya saya turunkan apa yang saya punya ke generasi yang lebih muda agar mereka bisa bersaing di level nasional maupun internasional," jelasnya.

Kendati demikian, Suwardi mengaku tetap memiliki target pribadi sebelum pensiun kelak. "Target sebenarnya ingin juara lagi tapi itu bukan prioritas," tutur petarung asal Jawa Timur.

"Saya ingin menikmati akhir karier saya, ingin bermain lepas dan santai. Alhamdulillah kalau menang atau bisa juara lagi," tambah dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya