Ngeri, Chris John Sampai Mandi Darah Hantam Petinju Licik Jepang

Chris John vs Satoshi Hosono
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA –  Petinju legendaris Indonesia, Chris John tak lekang oleh waktu. Meski telah pensiun, nama Chris John masih harum hingga saat ini.  Petinju kelahiran Banjarnegara itu sudah malang melintang menghiasi ring tinju nasional hingga dunia.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Sang legenda yang memiliki julukan The Dragon itu tercatat sebagai petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa. Melansir Wikipedia, dia juga tercatat sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa sebanyak 10 kali. 

Chris John merupakan petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albarado dan Suwito Lagola. Petinju kelahiran Banjarnegara itu memulai debut profesionalnya pada 1998 dan pensiun pada 2013 lalu.  

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Sepanjang kariernya, Chris John menjalani 52 pertarungan. Rinciannya sangat fantastis, Chris John menang 48 kali (22 KO), seri 3 kali dan hanya sekali kalah. Pukulan-pukulan keras dan cepat sudah memakan banyak korban.

Chris John vs Satoshi Hosono

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy
Lawan Arema FC, Pelatih Persebaya Surabaya Harapkan Ini dari Wasit

Salah satu duel 'The Dragon' yang sangat fenomenal adalah kala bentrok dengan petinju Jepang bernama Satoshi Hosono.  Duel yang dihelat pada 14 April 2013 lalu di Tenis Indoor, Senayan berjalan mengerikan hingga Chris John mengalami luka parah. Satoshi dianggap licik. 

Pertarungan antara Chris dan Hosono sempat dihentikan pada ronde 3. Sebabnya, petinju asal Banjarnegara itu mengalami luka sobek yang cukup dalam di dahi kanan dan pelipis kiri. Luka tersebut membuat darah terus mengucur dengan deras. Wasit yang melihat luka itu cukup mengganggu, lantas menghentikan pertandingan agar dilakukan pemeriksaan.

Juri kemudian memutuskan pertandingan berakhir dengan keputusan tehnical draw . Dengan laga ini, total Chris John sudah melalui 51 pertandingan sepanjang kariernya. Ia meraih 48 kemenangan dan tiga hasil imbang. Petinju 33 tahun itu belum pernah kalah. Ia juga untuk ke-18 kalinya sukses mempertahankan gelarnya. "Jujur, saya kurang puas. 

Tapi, inilah tinju. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Dari awal, dia bermain kotor. Sempat ada sesuatu di sarung tinjunya. Dia juga menggunakan kepala untuk membuat kedua luka di pelipis saya," kata Chris John usai pertandingan.  Chris menilai, dirinya tak bisa menampilkan performa terbaik karena waktu yang terlalu singkat. Pertarungan itu tak sampai 9 menit. "Pandangan saya tidak 100 persen dan buram karena luka di pelipis. Luka ini cukup dalam dan salah satu luka yang paling parah dalam karier saya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya