Ngeri, Ring Tinju Jadi Arena Tawuran Massal

Mike Tyson saat mengalahkan Andrew Golota pada 2000 silam.
Mike Tyson saat mengalahkan Andrew Golota pada 2000 silam.
Sumber :
  • boxing.com

VIVA – Tinju dunia pernah mencatatkan sejarah kelam hadirnya petinju dengan karakter brutal. Dia bernama Andrew Golota, petinju raksasa asal Polandia yang aktif di tahun 1992 hingga 2013. 

Bagaimana kisahnya, dan ada kisah menarik apa dalam kariernya? Golota lahir di Polandia pada 5 Januari 1968. Saat aktif di tinju profesional, dia melakoni 52 pertarungan dengan 41 kemenangan. Dari duel-duel tersebut, beberapa dihiasi oleh keanehan karakternya. 

Seringkali dia mengabaikan peraturan. Tahun 1995 tingkah aneh Golota muncul ketika menghadapi Samson Po'uha, dia menggigit leher Po'uha. Setahun kemudian, Golota kembali menunjukkan keanehan.  

Kali ini dia membenturkan kepalanya ke lawan. Kala itu dia menghadapi petinju asal Amerika Serikat, Danell Nicholson.  Sejak saat itu, nama Golota makin dikenal sebagai petarung yang brutal di atas ring. Empat bulan berselang, dia menantang Riddick Bowe, petarung elit di kelas berat.  

Rusuh, duel antara Golota dan Bowe

Rusuh, duel antara Golota dan Bowe

Photo :
  • Bleacherreport

Menerima tantangan Gouta, Bowe diunggulkan bisa keluar sebagai pemenang dan 11 Juli 1996 duel itu digelar. Kepercayaan diri Golota terlihat sejak bel dibunyikan tanda dimulai. Pukulan-pukulan kerasnya mendarat dengan konstan. Ronde-ronde berikutnya, kedua petarung saling berbalas pukulan. 

Duel ini sangat seru, menyajikan jual beli pukulan yang tak kenal henti. Sampai akhirnya tercoreng oleh tingkah nakal Golota. Dia melakukan low blows, yaitu memukul rendah. Pukulan tersebut mengenai alat vital dari Bowe. Tidak satu tapi tiga kali di ronde berikutnya. Wasit kemudian menghentikan laga, karena Golota dianggap mengabaikan peringatan wasit.