Billy Pasulatan Pertahankan Gelar, buat Rustam Menyerah di Ronde 5

Petarung One Pride, Billy Pasulatan
Petarung One Pride, Billy Pasulatan
Sumber :
  • Instagram

VIVA Sport – Billy Pasulatan masih tak tersentuh dalam mempertahankan gelar juara One Pride Mixed Martial Arts kelas straw (strawweight). Kepastian itu setelah dia mengalahkan Rustam Hutajulu di Fight Night 61 One Pride MMA.

Billy Pasulatan mengalahkan Rustam Hutajulu dengan teknik cekikan leher dari belakang teknik rear naked choke di ronde kelima.

Bertanding di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 6 Agustus 2022, Billy bertemu Rustam dengan duel perebutan sabuk juara kelas straw.

Billy Pasulatan punya misi untuk kembali mempertahankan gelar juara nasional kelas straw yang sudah tiga kali dipertahankannya.

Baru saja pertandingan dimulai, Billy Pasulatan langsung agresif. Dia melepaskan tendangan taekwondo berputar yang mengarah ke Rustam.

Beruntung, Rustam Hutajulu berhasil menghindar. Pertarungan semakin berjalan seru karena duel berlanjut ke ground fighting.

Berada di posisi atas, Billy mencoba mendominasi serangan. Sedangkan Black Dragon memukuli badan Bruce Lee dari bawah.

Pertengahan ronde pertama, duel ground fighting kedua petarung masih berlangsung sengit. Billy tetap bertahan pada posisinya di mount. Sementara Rustam mencoba melepaskan pukulan untuk mencuri poin.

Pertandingan berlanjut ke ronde dua. Rustam Hutajulu mencoba melakukan serangan jarak dekat. Petarung dari sasana Beat Up Training Camp itu melepaskan pukulan.

Akan tetapi, Bruce Lee lebih cerdik. Dia tak mau meladeni striking sehingga membawa permainan ke ground dengan membanting Rustam Hutajulu.

Di ground, Billy Pasulatan setidaknya dapat melakukan beberapa serangan knee dengan mengontrol Rustam di bawah.

Kondisi tersebut membuat Rustam Hutajulu kesulitan dalam membalas serangan. Ronde kedua pun berakhir.

Di ronde tiga, kedua petarung saling jual beli pukulan dan tendangan. Mereka akhirnya beradu striking.

Rustam mencoba melepaskan pukulan superman punch dengan jarak dekat. Tapi Billy Pasulatan tampak lebih tenang. Ia hanya sesekali menyerang.

Duel kembali ke ground fighting. Billy Pasulatan lagi-lagi berada di posisi atas untuk leluasa menyerang. Ronde ketiga pun berakhir.

Di ronde empat, Rustam Hutajulu mengamuk. Dia langsung menyeruduk Bruce Lee sambil melepaskan pukulan bertubi-tubi.

Bruce Lee kemudian membanting Rustam Hutajulu. Di sini pertandingan semakin berjalan sengit dan seru.

Pasalnya, Rustam Hutajulu selalu berusaha melakukan kuncian seperti read naked choke, triangle choke hingga kuncian tangan. 

Namun, Billy Pasulatan yang belajar grappling di Soma Fight Club Bali sangat licin sehingga bisa melepaskan diri dari kuncian Rustam.

Pada ronde penentu, Billy Pasulatan mendapat momentum kuncian rear naked choke pada pertandingan yang tersisa satu menit berakhir.

Kuncian cekikan tersebut sangat erat. Tidak kuat bertahan, Rustam Hutajulu menyerah atau tapout.

Billy Pasulatan berhasil mempertahankan gelar juaranya usai membungkam Rustam Hutajulu.

Dengan demikian, Bruce Lee mempunyai rekor 9 kali kemenangan dan dua kali menderita kekalahan di One Pride.