Mengerikan, Ketika Petinju Muslim Ngamuk Hancurkan Lennox Lewis

Petinju Muslim, Hasim Rahman saat habisi Lennox Lewis
Petinju Muslim, Hasim Rahman saat habisi Lennox Lewis
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Nama Hasim Rahman memang tidak begitu populer dibanding dengan Mike Tyson, Lennox Lewis, hingga Evander Holyfield.

Namun, Hasim Rahman pernah membuat kejutan pada 2001 silam. Petinju muslim itu berhasil menghancurkan Lennox Lewis yang saat itu sangat diunggulkan.

Malam itu, di Carnival City Casino, Afrika Selatan, April 2001 puluhan ribu penonton menjadi saksi langsung kehancuran Lewis. 

Pertarungan itu pun hingga kini terbingkai dalam salah satu kejutan terbesar di sejarah divisi kelas berat. 

Lewis dibikin tak berdaya. Satu pukulan keras Hasim Rahman membuat Lewis tersungkur pada ronde kelima. Padahal, sepanjang pertarungan tersebut, peraih medali emas Olimpiade 1988 itu sangat mendominasi.

Kelengahan menjadi petaka untuknya. Lewis kalah KO dan kehilangan gelar juara dunia kelas berat versi WBC, IBF, dan IBO. 

Untung, Lewis bisa memperbaiki citranya. 5 bulan kemudian atau tepatnya pada 17 November 2021, Lewis berhasil balas dendam. 

Dia benar-benar mengerikan, bak kesetanan, Lewsi tak membiarkan sang lawan beraksi dan dia menjatuhkan Hasim Rahman pada ronde keempat

Lewis pn menang KO dalam pertarungan di Mandalay Bay Events Center, Paradise, Nevada, Amerika Serikat.

Di sisi lain, Lewis merupakan salah satu petinju terbesar yang pernah ada. Dia  pernah membuat semua kemegahan tentang Mike Tyson berantakan. Dia pernah menyandang status juara sejati yang tak terkalahkan (undisputed champion).

Hingga kini, belum ada lagi yang menyandang gelar tersebut.  Adapun kehancuran Tyson terjadi dua pada 2002 lalu. Keduanya bertarung Juni 2002 di Pyramid Arena, Memphis, Amerika Serikat (AS).

Dalam pertarungan tersebut, Mike Tyson dipecundangi Lennox Lewis kala memperebutkan gelar tinju kelas berat versi WBC dan IBF.

Mike Tyson yang berstatus juara dunia tinju kelas berat WBA, WBC, IBF, dan kelas berat linier tak berdaya di hadapan Lennox Lewis setelah melakoni duel 8 ronde. 

Bagi Tyson, kekalahan KO itu adalah kali ketiga yang dialami sepanjang karier profesionalnya. Sebelum dihancurkan Lewis, Tyson sudah lebih dahulu kalah dari James Douglas (1990) dan Evander Hollyfield (1996).  

Sementara Lewis pensiun pada Juni 2003 usai mengalahkan petinju tangguh asal Ukraina Vitali Klitschko. Selama kariernya, Lewis mencatatkan rekor 41 menang, 2 kalah, 1 imbang, dengan menang KO sebanyak 32 kali.