Khabib Nurmagomedov Resmi Angkat Kaki dari Dunia MMA

Mantan petarung UFC, Khabib Nurmagomedov
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

VIVA Sport – Khabib Nurmagomedov resmi mengundurkan diri dari dunia Mixed Martial Arts (MMA) setelah membulatkan tekad untuk melepas posisinya sebagai pelatih Islam Makhachev.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Seperti diketahui, Khabib lebih dulu mengumumkan pensiun sebagai petarung UFC pada Oktober 2020 silam. Dia menutup kariernya sebagai petarung dengan kemenangan atas Justin Gaethje.

Khabib dan Hasbulla Magomedov

Photo :
  • Sportkeeda
Pelita Jaya Bekap Wakil Malaysia di BCL Asia, Eks Pemain Houston Rockets Jadi Sorotan

Kabar soal kemunduran diri Khabib dari dunia MMA dibenarkan oleh mantan pelatihnya, Javier Mendez. Dia mengungkap bahwa mantan anak buahnya itu mengambil keputusan tersebut karena ingin fokus menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Dia hanya tidak mau ketinggalan menjadi seorang ayah,” ujar Mendez, dilansir dari Sport Bible, Selasa 10 Januari 2023

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

Selain itu, Khabib Nurmagomedov juga memposting foto bersama teman-temannya. Tampak dalam unggahan The Eagle, para petarung  juara kelas ringan UFC Islam Makhachev hingga juara Bellator Usman Nurmagomedov.

"Jaga diri saudaraku. Tahun lalu jadi tahun yang sangat sibuk dan sukses. Saya harap keputusan saya menghasilkan yang terbaik, peluk erat untuk kalian semua. Terima kasih. Kalian adalah alasan terbesar dibalik kesuksesan saya di olahraga ini," kata Khabib dalam akun media sosial miliknya

Sebelum mengundurkan diri, Khabib telah membuktikan janjinya dengan membawa Islam Makhachev jadi juara kelas ringan UFC dalam kurun waktu dua tahun. Islam Makhachev meraih sabuk juara UFC setelah mengalahkan Charles Oliveira bulan Oktober lalu.

Mundurnya Khabib sebagai pelatih nampaknya akan membuat kesedihan mendalam bagi Islam Makhachev, pasalnya Khabib tak akan mendampingi dalam duel perdananya sebagai juara kelas ringan UFC saat berhadapan dengan Alexander Volkanovski.

Pencapaian Khabib sebagai petarung juga terbilang mentereng, ia berhasil mencatat kemenangan sempurna 29-0 di seluruh ajang profesional. Selanjutnya, Khabib dikabarkan fokus dengan bisnisnya, dia telah membangun Eagle FC, suatu ajang kompetisi MMA.

Dia juga berbisnis di bidang lainnya seperti kuliner, properti, dan menjadi brand ambassador ternama. Selama kariernya, Khabib sangat tertutup soal istri serta anak-anaknya.

Sepupu Khabib Nurmagomedov, Umar Nurmagomedov

Photo :
  • Sportskeeda
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya