Dari MMA Fight Academy, Prajurit TNI Merajut Asa Lebihi Jeka Saragih di UFC

VIVA Militer: Pratu Ronal Siahaan 'Naga Sakti'
Sumber :
  • Instagram @ronalsiahaan_

VIVA Sport – Ronal Siahaan menjadi satu di antara lima petarung Indonesia yang akan tampil di Road to UFC 2 di Shanghai, China, pada 27-28 Mei 2023 mendatang.

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan

Saat ini, Ronal dan kolega sedang berlatih di MMA Fight Academy di San Diego, California, Amerika Serikat. 

Selain Ronal, empat petarung Tanah Air lainnya yang juga berlatih di San Diego adalah Billy Pasulatan, Windri Patilima, Epraim Ginting, dan Rheza Arianto. 

Selamatkan Orangtua dari Kebakaran, Mantan Petarung UFC Mark Coleman Kritis di RS

Mereka berlatih di MMA Academy di bawah arahan pelatih kepala profesional, Marc Fiore, eks pelatih juara UFC, Matt Hughes dan Robbie Lawler.

Ronal Siaahaan saat latih tanding dengan Yoga Prabowo

Photo :
  • VIVA / Robbi Yanto
Pengakuan Legenda MMA Royce Gracie Setelah Memeluk Agama Islam

Ronal Siahaan berangkat berlatih ke Negeri Paman Sam dengan motiviasi tinggi. Pria asal Pekanbaru, Riau, itu tidak hanya membawa nama instansi, tetapi juga membawa nama negara.

Dalam kesehariannya, Ronal yang kini berusia 26 tahun memang seorang anggota TNI. Ia bertugas di kesatuan Rajawali 1 Kostrad. 

Bagi Ronal, berlatih dan bertarung di road to UFC adalah sebuah pengabdiannya sebagai prajurit, karena membawa nama bangsa.

"Saya TNI dan berdinas di Rajawali 1 Kostrad. Untuk dinas ini juga salah satu pengabdian karena saya berada di sini karena perintah," ucap Ronal dalam wawancara dengan VIVA di San Diego, Amerika Serikat, Sabtu 15 April 2023.

"Saya di sini bukan hanya membawa instansi, tetapi sudah membawa nama negara. Jadi, dengan ini pimpinan saya, panglima saya, mendukung penuh terhadap saya," sambung Ronal yang punya rekor 7-0 di MMA.

Lebih lanjut, Ronal mengaku sangat termotivasi untuk melebihi pencapaian petarung kebanggaan Indonesia, Jeka Saragih. 

Sebelumnya, Jeka Saragih berhasil mengukir catatan emas sebagai petarung pertama Indonesia yang mendapat kontrak dari UFC. 

Jeka telah menandatangani kontrak untuk bertarung dalam lima pertandingan di UFC setelah mampu menembus final Road to UFC di Las Vegas, awal Februari lalu. "Ingin melebihi Jeka Saragih," kata Ronal ketika ditanya soal motiviasi terbesarnya ikut Road to UFC 2. 

Ronal Siahaan vs Sutrisno di Fight Night 65 One Pride MMA ANTV

Photo :
  • Ridsha Vimanda Nasution/Onepride.net

Ronal menambahkan, keberhasilan Jeka mendapat kontrak di UFC merupakan pembuka jalan bagi petarung-petarung Indonesia lainnya.

"Saya berterima kasih kepada Jeka Saragih karena dengan adanya dia, dia membuka jalan untuk atlet-atlet Indonesia ke ajang internasional," kata Ronal.

"Jadi peluang ini tidak akan saya sia-siakan untuk mencapai bahkan lebih dari Jeka," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya