Ryan Garcia Dihantam Masalah Bertubi-tubi Usai Hina Agama Islam

Bintang tinju dunia, Ryan Garcia
Sumber :
  • DAZN

VIVA – Masalah bertubi-tubi mulai datang kepada petinju Amerika Serikat, Ryan Garcia usai menghina islam dan menebar ujaran rasis di media sosial X.

Lahir dari Keluarga Muslim, Legenda Liverpool Ini Logout di Usia 15 Tahun

Pertama, dia dipecat oleh badan tinju dunia WBC (World Boxing Council). Presiden WBC, Mauricio Sulaiman, menyatakan memecat pemain itu dari organisasinya sebagai bentuk penolakan atas aksi rasisme dan diskriminasi. 

"Dengan menjalankan wewenang sebagai presiden WBC, saya dengan ini mengeluarkan Ryan Garcia dari segala aktivitas dengan organisasi kami. Kami menolak segala bentuk diskriminasi," tulis Mauricio Sulaiman di X

Sohibul Sebut Habitat Anies Sebetulnya Bukan Partai Islam, Cerita saat Pilgub Jakarta 2017

"Saya khawatir dengan keselamatan Ryan karena dia telah menolak beberapa kali permintaan bantuan kami terkait kesehatan mental dan penyalahgunaan zat (terlarang)," cuit dia dalam X.

Kemudian, atas ucapannya, Garcia juga mendapat protes dari tokoh tinju dunia, seperti Oscar De La Hoya dan cucu Muhammad Ali yakni Nico Ali Walsh.

Mike Tyson Pecundangi Jake Paul dengan Kata-kata

Tak sampai di situ, Garcia kehilangan kesempatan membalaskan kekalahanya dari Gervonta Davis. Pasalnya, Gervonta Davis menolak duel ulang (rematch) sebagai sikap atas tindakan Garcia. 

Pelatih Gervonta Davis, Kenny Ellis, menyatakan bahwa petinju berjuluk Tank tidak akan pernah bertarung lagi melawan Ryan Garcia setelah ujaran rasial yang dilontarkan Garcia di media sosial X. 

"Kami tidak ingin pertandingan ulang. Tidak. Tidak pernah. Tank tidak akan pernah melawannya lagi," tulis Ellis di X.

"Dia (Ryan Garcia) benar-benar mengacaukannya. Lupakan dia. Dia tahu apa yang dia lakukan. Dia perlu pergi dan melihat psikiater. Lupakan dia," sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Garcia menyerang umat Islam dengan kalimat kasar dalam sesi X Spaces, yakni sesi percakapan audio secara langsung di X (sebelumnya Twitter). 

Pada saat itu, Garcia menyebut umat Muslim sebagai bajingan dan menyatakan bahwa ia adalah Dewa.

"Persetan denganmu dan persetan dengan Muslim yang bajingan. Persetan dengan kalian semua yang bajingan. Kalian semua sangat aneh. Persetan kalian semua umat Muslim, aneh, bajingan," ucap Garcia.

"Saya tidak akan pernah tersentuh karena saya adalah Dewa," kata Garcia saat ditanya terkait kalimat yang diucapkannya.

Kalimat tersebut muncul tak lama setelah percakapan dengan seorang streamer yang masuk Islam pada tahun lalu dan mendiskusikan keyakinannya selama sesi tersebut, Sneako.

Belakangan, Garcia meminta maaf. Ia mengaku hanya bercanda. "Saya hanya ingin trolling, saya ingin semua pembunuhan dihentikan," tulis Garcia.

"Saya mencintai semua orang, maaf jika saya menyinggung Anda," cuit Garcia di akun X miliknya. Unggahan dia sebelumnya telah dihapus.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya