Kesaksian Menyeramkan Maverick Vinales Lompat dan Motornya Terbakar

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, lompat dari motornya
Sumber :
  • The Race

VIVA – Insiden mengerikan menimpa pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, di MotoGP Styria, Minggu 23 Agustus 2020. Remnya blong dan mengakibatkan motornya menghantam pembatas lintasan hingga terbakar.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Momen horor itu bermula saat balapan memasuki putaran 16. Ketika mau melewati tikungan pertama, Vinales tak kunjung melambat.

Dia sadar remnya blong karena ada bunyi ledakan dari dekat ban motornya. Spontan saja, Vinales lompat.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Saat lompat, kecepatan motor Vinales mencapai 300 kilometer per jam. Dan, Vinales kala itu jatuh dengan tumpuan bahunya.

"Jelas sekali, saya merasakan rem itu sudah blong. Sejak putaran tiga atau empat, saya telah merasakannya. Makanya, saya membuat tiga putaran pertama lebih lambat," ujar Vinales dilansir The Race.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Sebenarnya, Vinales sudah merasakan motornya sangat aneh saat memasuki putaran 13. Laju motornya saat itu melambat dan sempat mengangkat tangannya. Aneh, karena Vinales masih meneruskan balapan.
Motor pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, terbakar

"Kinerja rem saat itu tiba-tiba membaik. Jadi, saya mulai memulihkan posisi. Sialnya saat masuk ke tikungan pertama, rem meledak. Jadi, tak ada yang bisa saya lakukan," jelas Vinales.

Terpaksa, Vinales lompat. Motor bergerak dengan sendirinya hingga melaju menuju pembatas lintasan. Dan, motor Vinales menghantam pembatas hingga terbakar.

Beruntung bagi Vinales, meski melompat dalam kecepatan super tinggi, tak ada cedera yang dialaminya. Dia hanya mengalami nyeri akibat benturan saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya