Tanpa Marquez, MotoGP jadi Lebih Kompetitif

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Instagram/@motogp

VIVA – Mantan pembalap MotoGP, Dani Pedrosa, menyebut absennya Marc Marquez menjadi sebuah keuntungan di kejuaraan musim ini. Sebab, kompetisi jadi makin kompetitif.

Repsol Honda Belum Tentu Tancap Gas di Awal Musim MotoGP 2024

Musim ini, perjalanan Marquez sudah mendapat halangan sejak seri pertama di MotoGP Spanyol. Dia mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan patah tulang dan gagal menyelesaikan balapan.

Sejak saat itu, pembalap asal Spanyol tak bisa lagi membalap lantaran menjalani masa pemulihan. The Baby Alien telah melewatkan delapan seri berikutnya atau hingga MotoGP Prancis.

Casey Stoner Reveals Reason Why He Left Honda: "They Only Listen Marquez"

Kunjungan Marq Marquez dan Dani Pedrosa di Indonesia

Absennya Marquez ternyata memberikan berkah bagi sejumlah pembalap untuk merasakan podium pertama. Terbukti, musim ini sudah melahirkan empat juara baru, yakni Fabio Quartararo, Brad Binder, Miguel Oliveira, dan Franco Morbidelli.

Pengakuan Casey Stoner Tinggalkan Honda, Cemburu ke Marc Marquez

Kondisi tersebut, diungkapkan Pedrosa, merupakan suatu hal positif. Sebab, MotoGP tak lagi didominasi oleh satu pembalap saja.

"Kejuaraan musim ini sangat kompetitif. Ada pembalap yang terkadang memperebutkan podium di satu seri tapi tidak di seri berikutnya. Tanpa adanya Marc, ada peluang lebih besar bagi pembalap lain," kata pembalap asal Spanyol dikutip Tuttomotoriweb.

"Tapi, pada akhirnya Marc hanyalah satu pembalap. Jadi, meski dia selalu naik podium masih akan ada dua tempat lagi yang diperebutkan. Dengan adanya Marquez, peluang menang jadi lebih kecil. Sementara, tanpanya akan ada lebih banyak persaingan," jelas dia.

Saat ini, Quartararo menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 108 poin. Dia cuma unggul delapan poin dari Joan Mir yang menguntit di posisi kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya